Gudang Kertas Wagir Terbakar Hebat | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Gudang Kertas Wagir Terbakar Hebat

Gudang Kertas Wagir Terbakar Hebat Petugas Damkar ketika berjuang memadamkan api yang membakar gudang kertas di Wagir, Kabupataen Malang,(ist)

Klikapa.com - Kebakaran hebat terjadi di gudang kerta di Desa Pandanlandung, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang, Jumat (16/9/2022) siang. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Petugas Damkar cukup kesulitan untuk memadamkan api gudang milik CV Kurnia Jaya itu.

Sulitnya pemadaman itu disebabkan banyaknya bahan yang mudah terbakar di gudang itu. Petugas melihat ada sejumlah barang seperti kertas, styrofoam dan tinner yang terbakar.

Menurut Kepala Desa Pandanlandung, Wiroso Hadi, api mulai muncul sekitar pukul 14.05. Karena banyaknya bahan mudah terbakar, api cepat membesar.

 “Api cepat membesar,” jelasnya ditemui di lokasi kejadian. 

Disebutkan, api pertama kali muncul dari bagian gudang bagian belakang. Saat terjadi kebakaran, masih banyak pekerja yang sedang bekerja. Sejauh itu belum diketahui pasti asal muasal api.

Guntoro, 66, kerabat pemilik pabrik  mengaku kebakaran berawal dari area belakang yang merupakan tempat penyimpanan styrofoam dan kertas. 

“Yang tahu kali pertama karyawan. Mereka yang melaporkan ke PMK Kabupaten Malang,” katanya kepada wartawan.

Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran (BPPK) Satpol PP Kabupaten Malang, Goly Karyanto menyebutkan proses pemadaman cukup sulit dilakukan. Karenanya pihaknya terus melakukan pembasahan tanpa henti.

“Karena banyaknya barang mudah terbakar, mengharuskan air tidak boleh putus. Yang agak kendala, tempat pengambilan air tidak ada yanga dekat, kami harus mengisi tanksi sekitar empat  kilometer,” terangnya.  

Proses pemadaman itu juga mendapat bantuan dari Damkar Kota Malang dan Kota Batu. Meski begitu hampri dua jam petugas untuk bisa menguasai api dan kemudian melakukan pembasahan agar api tidak muncul lagi.

Sementara itu petugas Kepolisian telah menangani kasus itu. Kasi Humas Polres Malang, Iptu Achmad Taufik, menjelaskan lokasi kebakaran tepatnya gudang kertas milik CV Kurnia Jaya. Saat ini pihaknya sedang mendata dan segera melakukan penyelidikan. (tyo/mar)
 


BERITA TERKAIT