Peras Guru SDN 3 Gondanglegi, Oknum Wartawan RADAR X Ditangkap Polisi | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Peras Guru SDN 3 Gondanglegi, Oknum Wartawan RADAR X Ditangkap Polisi

Peras Guru SDN 3 Gondanglegi, Oknum Wartawan RADAR X Ditangkap Polisi Tersangka yang mengaku wartawan RADAR X dan melakukan praktik pemerasan terhadap guru SDN 3 Gondanglegi, Kabupaten Malang.

Klikapa.com -Mengaku wartawan dan melakukan pemerasan, Erik Yulianto, 48, warga Jalan Letjen Sutoyo V Kota Malang diamankan anggota Satreskrim Polres Malang. Korbannya adalah seorang SDN 3 Gondanglegi Kulon, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang.

Kapolres Malang, AKBP Ferli Hidayat membenarkan jika telah mengamankan oknum wartawan itu. Kini tersangka sedang dalam pemeriksaan.

“Betul, pelaku ditangkap saat akan mengambil uang yang diminta di sekolah,” terangnya, Rabu (17/8/2022). 

Menurutnya, praktik pemerasan yang dilakukan tersangka itu bermula saat Senin (8/8). Yakni dengan adanya pemberitaan di media online Bratapos.com.

Isi beritanya, yakni dugaan seorang siswa yang lengannya lebam karena dicubit temannya. Pada berita tersebut, tertulis pula bahwa ulah tersebut karena perintah oknum guru. 

“Namun setelah pihak Polres Malang dan Polsek Gondanglegi melakukan penyelidikan di sekolah itu, ternyata kabar itu tidak benar,” ungkap Ferli, sapaannya. 

Berita ini, lantas dimanfaatkan Erik Yulianto. Dua hari usai berita itu muncul, pihak sekolah didatangi pelaku yang mengaku dari wartawan media online dan cetak RADAR X, Rabu (10/8). 

Tersangka mengancam pihak sekolah akan melanjutkan kasus ini ke polisi, dan terus menulis kasus penganiayaan yang dimaksud.

“Dia (tersangka) meminta uang sebesar Rp 25 juta, kalau berita itu tidak mau ditulis dan tidak dilanjutkan ke polisi,” lanjut perwira Polri ini. 

Sekolah yang tidak bisa memenuhi permintaan itu akhirnya mencoba negosiasi. Hasilnya, sekolah mengaku hanya mampu memberi separuh dari nominal yang diminta. Erik Yulianto sepakat agar sekolah memberi Rp 12,5 juta. 

“Senin (15/8) sekitar pukul 13.00, pelaku datang ke sekolah dan mengambil uang damai itu,” beber Kapolres. 

Namun, tanpa disadarinya, pihak sekolah telah membuat aduan terlebih dahulu ke Polres Malang atas ancaman itu. 

Pada saat Erik Yulianto datang mengambil uang, anggota Polres Malang yang sudah siaga langsung melakukan tangkap tangan.  

Selain menangkap oknum wartawan itu, petugas juga mengamankan sejumlah barang bukti mulai dari kartu tanda pengenal pers


BERITA TERKAIT