Tipu dengan Modus Gadaikan Mobil, Warga Pujon Ditangkap Polisi | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Tipu dengan Modus Gadaikan Mobil, Warga Pujon Ditangkap Polisi

Tipu dengan Modus Gadaikan Mobil, Warga Pujon Ditangkap Polisi Tersangka penipuan dengan modus gadaikan mobil yang ditangkap Polres Kota Batu, ketika dirilis kasusnya oleh Kapolres Kota Batu AKBP Oskar Syamsuddin.(ist)

Klikapa.com - Gavin Zahra, 23, warga Desa Pujon Lor, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang diamankan anggota Satreskrim Polres Batu. Dia diketahui menipu sembilan orang. Modusnya hendak menggadaikan mobil.

“Pelaku melakukan perbuatan itu, sejak bulan Januari hingga Maret 2022. Dia dilaporkan oleh sembilan orang korbannya. Modus ingin menggadaikan mobil ke orang lain. Begitu mendapat uang, dia malah memblokir nomor telepon korban,” kata Kapolres Batu, AKBP Oskar Syamsuddin saat merilis kasusnya, Rabu (3/8/2022).

Menurut Oskar, tersangka bisasanya berpura pura akan menggadaikan mobil dengan harga antara Rp 20 juta hingga Rp 28 juta, tergantung jenis mobilnya.

Namun  setelah korban menstranfer uang, tersangka memblokir nomor telepon para korbannya. Sehingga korban tidak bisa menghubungi pelaku dan tidak mendapatkan jaminan atas mobil yang digadaikan pelaku.

“Karena tidak ada kabar dari tersangka, para korban melaporkan kasus penipuan ini ke Polres Batu. Dari laporan tersebut, anggota kami langsung melakukan penyelidikan dan mencari keberadaan tersangka. Tersangka ini sudah kabur ke Samarinda, Kalimantan Timur dan berhasil kami tangkap di sana,” beber Oskar.  

Dari penangkapan Gavin ini, polisi juga ikut mengamankan enam mobil, mulai Daihatsu Sigra, Daihatsu Xenia dan Daihatsu Grand Max. 

“Ini yang masih kami selidiki karena tersangka mengaku mobil - mobil itu disewa dari rental,” terangnya. 

Akibat perbuatannya pelaku dijerat pasal 378 dan 372 KUHP dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara. (eri/mar)
 


BERITA TERKAIT