Cacar Monyet Dikabarkan Merebak di Daratan Eropa dan Kanada | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Cacar Monyet Dikabarkan Merebak di Daratan Eropa dan Kanada

  • 20-05-2022
  • Editor :junaedi
  • dibaca :498
Cacar Monyet Dikabarkan Merebak di Daratan Eropa dan Kanada ilustrasi penderita sakit cacar monyet.(ist)

Klikapa.com -Belum reda kasus hepatitis akut, kini disebut-sebut tengah menjalar penyakit baru, cacar monyet. Penyakit ini bahkan sudah menyebar di daratan Eropa, Belgia, Italia, Perancis, sampai Kanada.

Belgia melaporkan dua kasus pertama cacar monyet di negara tersebut. Kasus itu didiagnosis oleh ahli virologi di kota yang berbeda. 

Penyiar Flemish VRTNWS mengatakan kedua pasien tersebut menghadiri pesta yang sama di lokasi yang dirahasiakan, hanya saja ini belum bisa dikonfirmasi.

Orang yang terinfeksi pertama, didiagnosis di Antwerpen tetapi tempat tinggalnya tidak dilaporkan. Dia disebut tidak mengalami sakit parah. Saat ini dia dan pasangannya sama-sama diisolasi, kata juru bicara Badan Perawatan dan Kesehatan Belgia yang dikutip Reuters.

Kasus kedua adalah seorang pria dari wilayah Flemish Brabant, kata seorang ahli virus yang berbasis di Leuven, Marc Van Ranst, di Twitter. Pasien itu juga tidak sakit parah, menurut media Belgia.

Mengutip laporan AFP, penyebaran cacar monyet sampai ke Kanada. Kanada melaporkan dua kasus pertama yang dikonfirmasi dari monkeypox Kamis malam. Kasus itu menambah jumlah kasus di Eropa dan Amerika Utara.

"Malam ini, Provinsi Quebec diberitahu bahwa dua sampel yang diterima oleh NML (Laboratorium Mikrobiologi Nasional) telah dinyatakan positif cacar monyet. Ini adalah dua kasus pertama yang dikonfirmasi di Kanada," kata Badan Kesehatan Masyarakat Kanada dalam rilisnya, mengutip AFP. 

Selain Belgia, Perancis juga mengonfirmasi kasus pertama cacar monyet. Kementerian Kesehatan Prancis mengonfirmasi kasus cacar monyet pada Kamis (19/5).

Di hari Kamis, Italia juga melaporkan kasus pertama infeksi cacar monyet. Pasien ini disebut tengah diisolasi di rumah sakit Spallanzani di kota Roma. Pasien pertama ini baru tiba dari Kepulauan Canary.

Rumah sakit menambahkan ada dua kasus dugaan lain yang belum dikonfirmasi.

Sedangkan pada hari Rabu lalu, Departemen Kesehatan Masyarakat Massachusetts pada hari Rabu mengatakan telah mengkonfirmasi satu kasus infeksi virus cacar monyet pada seorang pria yang


BERITA TERKAIT