Diduga Warga Asing, Mencuri dengan Modus Tukar Uang | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Diduga Warga Asing, Mencuri dengan Modus Tukar Uang

Diduga Warga Asing, Mencuri dengan Modus Tukar Uang Pelaku saat mencoba memaksa menarik yang dari laci mesin uang di kasir saat tertangkap camera cctv.(ist)

Klikapa.com -Seorang yang diduga warga asing tertangkap camera CCTV memaksa kasir Toko Dubeedu Babykids di Kalirejo, Lawang, Kabupaten Malang  untuk tukar uang. Diduga aksi itu hanya untuk mengelabuhi kasir untuk mengambil uang.

Namun aksinya itu gagal karena sang kasir  membertahankan uang yang ada di mesin kasir.  Pelaku pun ngeloyor pergi. Kasus ini sempat viral di media sosial.

Keterangan di lapangan menyebutkan kasus percobaan pencurian itu terjadi pada Minggu (8/5). Saat itu ada dua orang penjaga toko. Sementara pelaku datang ke toko dua orang.

Saat itu kasir toko sedang dijaga seorang pegawai bernama Vivi. Dia yang menemui. Vivi bersama salah satu pegawai lain, dibuat kebingungan oleh ulah pelaku.

"Orangnya (pelaku) datang sama anaknya perempuan remaja. Masker tidak dilepas. Awalnya mencari sikat gigi tetapi tidak jadi. Lalu beli gantungan kunci dibayar uang pas. Setelah itu baru pelaku mengeluarkan dompet mau menukar uang," jelas Vivi, Senin (9/5).

Ketika itu, pelaku yang menggunakan bahasa Inggris,  meminta anak remaja yang bersamanya untuk mencari barang di bagian belakang.  Itu dilakukannya seperti untuk mencari perhatian. 

Bersamaan dengan itu hendak menukar uang Rp 100 ribu.

"Pas ditanya mau tukar uang pecahan dia tidak mau. Maunya uang Rp 100 ribu baru keluaran 2022. Jadi saya bilang tidak ada. Tapi dia maksa menunjuk uang di kasir," cerita Vivi. 

Karena kesal, pegawai toko sempat menunjukkan uang dalam kasir. Maksudnya untuk menyakinkan pelaku uang yang dimaksud pelaku memang tidak ada.

Namun, pelaku malah  malah berusaha mengambil paksa uang yang ada di mesin kasir. 

"Saat mau diambil (uang) saya tarik lagi. Tidak sampai diambil. Orangnya tidak bilang apa-apa, lalu keluar sama anaknya," tambah Vivi.

Sementara, Listianto, pemilik Toko Dubeedu Babykids membenarkan kejadian itu. Ia menjelaskan, pelaku saat itu mengaku berasal dari India. 

Listianto kemudian menyebarkan informasi video itu ke jejaring grup WhatsApp toko. Setelah


BERITA TERKAIT