Raih Podium Pertama MotoGP Portugal, Quartararo Ambilalih Pimpinan Klasemen | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Raih Podium Pertama MotoGP Portugal, Quartararo Ambilalih Pimpinan Klasemen

  • 24-04-2022
  • Editor :junaedi
  • dibaca :19662
Raih Podium Pertama MotoGP Portugal, Quartararo Ambilalih Pimpinan Klasemen Fabio Quartararo berhasil melewati Joan Mir di MotoGP Portugal 2022. (dok.reuters)

Klikapa.com -Pembalap Yamaha Fabio Quartararo berhasil meraih podium pertama pada MotoGP Portugal 2022, Minggu (24/4/2022). Balapan yang diwarnai tabrakan melibatkan Jack Miller dan Joan Mir itu, membuat Johan Zahro meraih podium ke dua.

Raihan Quartararo itu sekaligus mengambil alih pimpinan klasemen sementara dengan poin 69.

Joan Mir sempat melakukan start sensasional dan memimpin balapan di tikungan pertama. Pembalap Suzuki itu terus memimpin balapan di awal-awal lap.  Posisinya terus dikuntit Quartarato dan Johann Zarco.

Sementara rekan setim Mir, Alex Rins  meski mengawali start di posisi 23, mampu menyodok di posisi 10 di beberapa tikungan awal lap pertama.

Mir terus memimpin hingga lap ketiga sebelum diambil alih Quartararo di jalur lurus saat lap keempat mulai. 

YZR-M1 yang sebelumnya disebut Quartararo memiliki masalah dengan kecepatan, terlihat sangat cepat saat menyalip Mir di jalur lurus.

Quartararo langsung tancap gas usai memimpin. Satu lap kemudian pembalap berjuluk El Diablo itu sudah memimpin 0,9 detik atas Mir.

Nasib sial dialami Enea Bastianini. Pembalap Gresini itu harus kehilangan posisinya di puncak klasemen MotoGP 2022 setelah terjatuh di lap 10. Bastianini kehilangan kendali di tikungan delapan.

Dua lap kemudian Quartararo mulai tidak terkejar. Dominasi pembalap asal Prancis itu sudah mencapai hingga lebih dari 3 detik di depan.

Balapan lebih seru terjadi di perebutan posisi kedua. Persaingan ketat terjadi antara Zarco, Mir, dan Jack Miller. Drama kemudian terjadi pada lap ke-19.

Miller melakukan kesalahan saat memasuki tikungan pertama, terjatuh, dan kemudian menyapu Mir dalam prosesnya. Alhasil kedua pembalap gagal finis.

Usai terjatuh Mir menunjukkan gestur sarkasme dengan bertepuk tangan di depan Miller. Mengingat sejarah buruk kedua pembalap, tindakan Mir sudah bisa diprediksi. Namun kedua pembalap terlihat bersalaman dan berpelukan di pinggir trek.

Insiden itu menguntungkan Aleix Espargaro yang naik ke posisi tiga. Terlebih pembalap Aprilia itu sudah memiliki keunggulan lebih


BERITA TERKAIT