Jalan Ki Ageng Gribig - Mayjen Sungkono segera Diperlebar Tahun Ini | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Jalan Ki Ageng Gribig - Mayjen Sungkono segera Diperlebar Tahun Ini

Jalan Ki Ageng Gribig - Mayjen Sungkono segera Diperlebar Tahun Ini seiring dengan peningkatan lalu lintas, Jalan Ki Ageng Gribig - Mayjen Sungkono segera dilebarkan.(ist)

Klikapa.com - Tiga jalan utama di Kota Malang segera diperlebar seiring dengan naik status kelas jalan dari kelas 2 ke  kelas 1. Tiga ruas jalan itu antara lain,  Jalan  Mayjen Sungkono, Jalan Ki Ageng Gribig, dan Jalan Bandulan. 

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPUPRPKP) Kota Malang Diah Ayu Kusuma Dewi menjelaskan, Jalan Mayjen Sungkono yang vital untuk segera ditingkatkan seiring dengan kepadatan dan beban kendaraan di jalannya itu. Direncanakan pelebarannya tahun ini. 

“Karena imbas exit Tol Pandaan-Malang di Madyopuro ya. Sekarang jalan itu, dari Jalan Ki Ageng Gribig sampai Mayjen Sungkono dilewati truk atau kendaraan bermuatan berat semua. Di sana juga ada kawasan industri,” tegas Diah, Jumat (7/1).

Dijelaskan, jalan itu nanti akan didesain menjadi kelas 1, sehingga membutuhkan lebar dengan ketentuan tertentu. Saat ini Jalan Ki Ageng Gribig hingga Jalan Mayjen Sungkono masih berada di desain jalan kelas 2. 

Setidaknya untuk naik ke kelas 1, lebar jalan itu diperlebar sekikat 2 meter di sisi kiri dan kanannya. Tujuannya untuk mengurangi penumpukan kendaraan di sana yang kerap terjadi.

“Anggaran yang kami butuhkan juga terbilang besar. Untuk (pelebaran) Jalan Mayjen Sungkono saja butuh Rp 17 miliar,” papar Diah. 

Selain kawasan Jalan Ki Ageng Gribig dan Mayjen Sungkono, pihaknya juga merencanakan pelebaran di Jalan Bandulan. Karena lalu lintas di jalan itu sudah sangat padat sehingga sudah waktunya dilakukan pelebaran. 
 


BERITA TERKAIT