Kades Tulus Besar Tumpang Ditahan Kejaksaan Terkait Dugaan Korupsi Dana Desa | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Kades Tulus Besar Tumpang Ditahan Kejaksaan Terkait Dugaan Korupsi Dana Desa

Kades Tulus Besar Tumpang Ditahan Kejaksaan Terkait Dugaan Korupsi Dana Desa Kades Tulus Besar, Tumpang, Kabupaten Malang,Hudi Mariyono saat digiring petugas Kejaksaan Negeri Kepanjen.(ist)

Klikapa.com -Kejaksaan Negeri Kabupaten Malang menahan Hudi Mariyono, Kepala Desa Tulus Besar Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, Senin (22/11). Penahanan itu dilakukan terkait dugaan korupsi dana desa (DD) tahun 2020. Hudi di tahan setelah menjalani pemeriksaan lanjutan sebagai tersangka.

Menurut Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Malang Edi Suhandoyo melalui Kasi Pidana Khusus Agus Hariyono, Hudi telah ditetapkan sebagai tersangka atas dugaan kasus penyelewengan dana desa. 

"Tersangka sebelumnya terindikasi penyelewengan keuangan desa, yakni Dana Desa tahun 2020. Ada kegiatan yang terjadwal tidak terlaksana alias fiktif, ada juga kegiatan yang melanggar ketentuan," jelas Agus.

Ia melanjutkan, dari hasil pemeriksaan, tersangka juga menyelewengkan Dana Desa dan ADD yang seharusnya untuk proses pembangunan di Desa Tulus Besar. 

“Kerugian negara sesuai hasil perhitungan Inspektorat sebesar Rp 240 juta,” bebernya.

Tersangka Hudi sendiri, akan menjalani penahanan di LP Lowokwaru Malang selama 20 hari ke depan. Penahanan ini dilakukan untuk memudahkan penyidikan, sekaligus agar tersangka tidak kabur atau menghilangkan barang bukti.

“Langkah selanjutnya kami akan segera merampungkan berkas acara pemeriksaan. Kemudian berkasnya akan kami limpahkan ke Kejaksaan Negeri Surabaya,” paparnya. 

Pemeriksaan itu lanjutnya akan dilakukan segera mungkin sehingga kasusnya bisa segera dibawa ke persidangan Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Surabaya.(tyo/agp)
 


BERITA TERKAIT