Sosialisasi Perizinan UMKM, Temukan NIK Ganda | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Sosialisasi Perizinan UMKM, Temukan NIK Ganda

Sosialisasi Perizinan UMKM, Temukan NIK Ganda Sosialisasi perizinan UMKM Kabupaten Malang temukan adanya NIK ganda.(ist)

Klikapa.com -Nomor Induk Kependudukan (NIK) ganda tak hanya ditemukan pada kegiatan vaksinasi. NIK ganda juga ditemukan saat pengusaha UMKM mengajukan izin usahanya. Akibatnya, pengusaha itu tak bisa mendaftarkan izin usaha lantaran NIK miliknya telah dipakai orang lain. 


“Iya ada kasus NIK yang sudah digunakan orang lain mengajukan izin. Sehingga izin berusaha tidak bisa diterbitkan,” kata Kepala Bidang Pengendalian dan Pelaksanaan (Dalak) Dinas Penamam Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Endah Dwi Suhesti.

Menurutnya, NIK ganda ini ditemukan saat pelaku UMKM mengikuti sosialisasi kemudahan perizinan yang digelar DPMPTSP beberapa waktu lalu.  


“Di akhir sesi kegiatan biasanya ada peserta yang mendaftarkan izin usahanya. Di sini ditemukan NIK miliknya sudah dipakai orang lain, maka dia tidak bisa mengurus perizinananya” jelasnya.

 
Alhasil, Endah mengaku meminta kepada pemilik NIK ganda itu untuk lebih dulu mengurus ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Karena syarat utama untuk mengurus izin usaha adalah KTP.

Sosialisasi itu kata Endah  diikuti tidak kurang dari  150 pelaku UMKM. Mereka pun banyak yang langsung mengurus izin berusaha. Mereka ingin mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB). Lebih dari 100 pelaku UMKM yang mengajukan izin.(ira/agp)
 


BERITA TERKAIT