November Sirkuit Mandalika Mulai Dioperasikan | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

November Sirkuit Mandalika Mulai Dioperasikan

  • 07-10-2021
  • Editor :junaedi
  • dibaca :1212
November Sirkuit Mandalika Mulai Dioperasikan Sirkuit Mandalika yang rampung dikerjakan dan siap beroperasi.(ist)

Klikapa.com -Sirkuit Mandalika atau Pertamina Mandalika International Street Circuit (PMISC) di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), bakal beroperasi November mendatang. Kepastian itu dikatakan Wakil Menteri BUMN Pahala Mansury, Kamis (7/10/2021).

Mansury menyebut PMISC bakal perdana digunakan pada 19-21 November 2021 untuk ajang kejuaraan World Superbike (WSBK). Acara balap motor internasional tersebut sejatinya dijadwalkan pada 12-14 November, namun kemudian diundur sepekan.

"Pembangunan Sirkuit Mandalika mulai Agustus 2020 dan di 2021 ini Insyaallah akan mulai menyelenggarakan beberapa kegiatan di sirkuit tersebut," jelasnya saat konferensi pers daring, Kamis (7/10).

Eks direktur utama PT BTN (Persero) Tbk tersebut menambahkan, sirkuit juga akan digunakan untuk tes pramusim MotoGP 2022 yang dijadwalkan pada 11-13 Februari 2022. Dilanjutkan dengan balap inti MotoGP Indonesia 2022 pada Maret 2022 nanti.

Pahala mengharapkan ajang bergengsi internasional tersebut bakal menghidupkan kembali industri pariwisata Indonesia yang 'mati suri' akibat pandemi covid-19, khususnya di daerah Lombok dan sekitarnya.

"Event ini merupakan inisiatif dalam mengembangkan dan menghidupkan kembali industri pariwisata di Indonesia," terang dia.

Pada kesempatan sama, Direktur Utama PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar M. Mansoer menyatakan saat ini landasan utama (main track) sirkuit sudah rampung pada 15 Agustus lalu.

Menurut dia, yang tersisa adalah pembangunan fasilitas penunjang, seperti gedung kontrol, tracking system, fasilitas parkir kendaraan, dan sebagainya.

Ia menargetkan keseluruhan pembangunan bakal rampung pada akhir bulan ini mengingat pada November mendatang sirkuit sudah mulai dipakai.

"Kami konsentrasi ke fasilitas pendukung dan Insyaallah akhir Oktober sudah selesai," pungkasnya.(cnn)
 


BERITA TERKAIT