Polda Papua Amankan 52 Orang Terkaita Penyerangan di Yahukimo | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Polda Papua Amankan 52 Orang Terkaita Penyerangan di Yahukimo

  • 04-10-2021
  • Editor :junaedi
  • dibaca :1875
Polda Papua Amankan 52 Orang Terkaita Penyerangan di Yahukimo Ilustrasi pertikaian antarsuku di Papua.(ist)

Klikapa.com -Polda Papua menyebutkan telah mengamankan sedikitnya 52 orang terkait perang yang melibatkan dua suku di Distrik Dekai, Yahukimo, Papua pada Minggu (3/10/2021).  KInsiden yang melibatkan suku Kimyal dan Suku Yali itu mengakibatkan satu orang meninggal dunia dan puluhan lainnya terluka. 

"52 orang tersebut dalam pemeriksaan intensif Penyidik Polres Yahukimo," tutur Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Mustofa, (3/10).

Kamal juga mengkonfirmasi satu orang meninggal dunia akibat peristika itu. Sedangakan pilihan lainnya mengalami luka-luka.

Petugas Kepolisian disebutkan juga sudah mengevakuasi masyarakat Suku Yali yang menjadi korban penyerangan. Aparat juga membuka komunikasi dengan tokoh-tokoh terkait.

Persistiwa ini diduga terkait dengan berita meninggalnya mantan Bupati Yahukimo Abock Busup di Jakarta, Minggu (3/10).

Penyerangan terjadi pada pukul 12.45 WIT. Saat itu massa Suku Kimyal pimpinan Kepala Suku Morome Keya Busup mendatangi masyarakat Suku Yali menggunakan dua unit mobil minibus. Mereka juga membawa senjata tajam seperti busur panah dan parang.

Sekitar pukul 12.50 WIT, personel Polres Yahukimo mendapat informasi dari warga telah terjadi penyerangan terhadap masyarakat Suku Yali. Kasat Intelkam Polres Yahukimo, AKP I Nengah S Gaspar, bersama 20 personel lainnya kemudian langsung menuju lokasi.

Sekitar pukul 13.00 WIT, kelompok massa tersebut berhasil dihalau dan kemudian meninggalkan lokasi kejadian dengan menggunakan dua unit minibus menuju ke kompleks Suku Yali di perumahan masyarakat kompleks Telkomsel.

"Pukul 13.20 WIR, massa kembali melakukan penyerangan terhadap masyarakat Suku Yali yang berada di Hotel Nuri, dilanjutkan dengan pembakaran gedung hotel," tutur Kamal.

Kapolres Yahukimo AKBP Deni Herdiana bersama personel gabungan menuju ke Hotel Nuri dan ke kompleks masyarakat suku Yali yang berada di kompleks Telkomsel untuk menghalau massa.

"TNI-Polri melakukan pengamanan pada objek vital, di antaranya Kantor Bupati Yahukimo, Kantor DPRD Yahukimo, dan gedung perkantoran lainnya," pungkas Kamal.
 


BERITA TERKAIT