Pasar Blimbing Terkatung-katung, Pemkot Malang Seriusi Bangun Pasar Besar | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Pasar Blimbing Terkatung-katung, Pemkot Malang Seriusi Bangun Pasar Besar

Pasar Blimbing Terkatung-katung, Pemkot Malang Seriusi Bangun Pasar Besar Pasar Besar Malang yang akan dibangun kembali oleh Pemkot setempat.

Klikapa.com -Pembangunan Pasar Blimbing terkatung-katung, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang malah menseriusi revitalisasi Pasar Besar Malang (PBM). Wali Kota Malang, Sutiaji menyebut rencananya pembangunan PBM kisaran Rp 300 - Rp 400 Miliar.

“Iya range anggaran Rp 300 Miliar sampai Rp 400 Miliar. Untuk susun DED (Detail Engineering Design)  saja sudah Rp 3,8-an miliar,” kata Sutiaji usai mengikuti paparan konsulatan, Rabu (29/9/2021). 


Sutiaji menjelaskan dalam pertemuan itu sudah menyebut perkiraan anggaran yang dibutuhkan. Diakuinya anggaran itu cukup besar dari perkiraan awal yang dilakukan Pemkot Malang.

Dalam rencana itu lanjut dia adalah beberapa opsi desain yang dipaparkan konsultan. Mulai dari  struktur bangunan hingga disain secara menyeluruh. 

Opsi desain yang dipaparkan konsultan di antaranya memiliki gaya konstruksi dan interior modern, semi gaya klasik kolonial seperti bangunan-bangunan yang ada di Kota Malang.

“Tadi yang dipaparkan ada gaya modern, ada yang semi modern, ada yang juga seperti di  balai kota ini kayak gaya kolonial. Saya inginnya ya yang ada ciri khas Malangannya, '' tiutunya.

Meski begitu, Sutiaji menyebutkan tidak ada perubahan yang mendasar dari revitalisasi PBM. Ini dilakukan agar tidak berdampak pada luasan lapak-lapak pedagang yang sudah ada saat ini. 

“Ini kan sempat dikhawatirkan pedagang. Kalau dibangun nanti ada perubahan luasan di lapak mereka. Kami jamin nanti luasannya sama, luas lapak pedagang juga akan disamakan tidak ada yang berubah,” terang Sutiaji tanpa menyebut kapan proyek itu akan dimlai. 

Yang pasti secara garis besar, revitalisasi pasar itu akan diusahakan tidak tidak merubah luasan lapak pedagang termasuk kerjasama dengan pihak Matahari Department Store yang masih berjalan sampai saat ini.
 


BERITA TERKAIT