Uji Coba, Tingkat Kunjugan Wisata di Batu Rendah | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Uji Coba, Tingkat Kunjugan Wisata di Batu Rendah

Uji Coba, Tingkat Kunjugan Wisata di Batu Rendah Uji coba buka, tempat wisata dengan larangan anak di bawah usia 12 menjadi sepi pengunjug.(kerisdianto)

Klikapa.com - Uji coba operasional tempat wisata di Kota Batu di masa PPKM Level 3 ternyata kurang direspon wisatawan. Tingkat kunjungannya rendah. Bisa jadi ini karena ketentuan anak usia di bawah 12 tahun dilarang masuk. 

Di tempat wisata Jatim Timur Park (JTP) 2  misalnya, selama empat hari buka hanya ada 517 wisatawan. Jumlah tersebut terhitung sejak Sabtu (11/9) hingga Rabu (14/9). 

"Hingga lima hari ini tingkat kunjungan JTP 2 terbilang cukup rendah, hanya 517 wisatawan. Ini karena kebijakan uji coba di level 3 melarang anak-anak berusia di bawah 12 tahun dilarang masuk. Karena usia di bawah itu masuk kategori rentan masuk tempat wisata," kata Manager Marketing & Public Relation JTP Group, Titik S Ariyanto, Rabu (15/9).

Ketentuan larangan masuk tempat wisata di bawah usia 12 memang dikeluhkan oleh pengelola 20 tempat wisata di Jawa yang ditunjuk oleh Kemenparekraf untuk uji coba. Pasalnya kunjungan wisatawan umumnya keluarga.

"Namun karena ini masih uji coba, pelaku usaha wisata akan tetap mengikuti dan mempersiapkan segala persyaratan," bebernya.

Karenanya ia berharap nantinya ketentuan usia itu bisa dihilangkan seiring dengan menurunnya level PPKM di wilayah Malang Raya.

JTP Group sendiri saat ini telah mengajukan beberapa park (destinansi wisata) untuk bisa beroperasi kembali saat PPKM Level 2. Beberapa park tersebut adalah Jatim Park 1, Jatim Park 3, Museum Angkut, Eco Green Park, Predator Fun Park, Batu Love Garden dan Batu Night Spectaculer (BNS).

Sementara untuk Taman Rekreasi Selecta yang masih memilih untuk tutup, tetap menunggu sampai wilayah aglomerasi Malang Raya PPKM nya turun ke level 2. 

Selecta sebenarnya sudah diperkenankan uji coba oleh Kemenparekraf dan masuk dalam 20 tempat wisata yang boleh uji coba.

Direktur Utama Taman Rekreasi Selecta, Sujud Hariadi mengatakan bahwa pilihan untuk tutup hingga PPKM Level 2 karena adanya pelarangan wahana wisata


BERITA TERKAIT