Covid-19 Kota Malang Turun Tajam, BOR RS Sisakan 28 Persen | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Covid-19 Kota Malang Turun Tajam, BOR RS Sisakan 28 Persen

Covid-19 Kota Malang Turun Tajam, BOR RS Sisakan 28 Persen Covid-19 terus menurun tempat isolasi terpusat (Isoter) pun kian sepi.(ist)

Klikapa.com -Penurunan kasus Covid-19 di Kota Malang semakin signifikan. Tingkat Bed Occupancy Rate (BOR) kini tinggal 28 persen dan rata-rata rumah sakit di kota ini mulai sedikit merawat pasien Covid-19. 


Menurut Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang dr. Husnul Muarif, prosentase BOR itu yang berada di ICU RS rujukan. 


"Kalau IGD sekitar 16 persen dan ruang isolasi 20 persen. Jadi turunnya banyak (sejak pelaksanaan PPKM)," kata Husnul, Selasa (14/9).


Menurutnya, ada beberapa faktor penyebab BOR Covid-19 turun. Di antaranya maksimalnya keberadaan isolasi terpusat (isoter) bagi pasien Covid-19 sehingga dapat memutus penyebaran virus asal China ini.

Dalam sebulan terakhir, Pemkot bersama TNI Polri gencar melakukan pemindahan Isoman ke Isoter. 

Tidak hanya itu, kesadaran masyarakat dalam disiplin protokol kesehatan (Prokes) juga meningkat sehingga bisa melakukan pencegahan mandiri.

Selain itu, lanjut Husnul, program vaksinasi yang digelar massif dan disambut antusias masyarakat juga ikut berperan. 

"Karena vaksin akan melindungi kita manakala kita terpapar. Sehingga kita tidak mudah sakit. Jadi tidak butuh perawatan di rumah sakit, ini yang menyebabkan BOR bisa turun," tegas Husnul. 

Sampai saat ini, PPKM Kota Malang masih di level 3 ke. Meski begitu aktivitas mulai berangsur normal meski masih tetap dalam batasan ketentuan PPKM Level 3. (ica/aim)
 


BERITA TERKAIT