Ingin Wisata ke Batu? Sabar Ya, Pengelola sedang Menunggu Akses Peduli Lindung | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Ingin Wisata ke Batu? Sabar Ya, Pengelola sedang Menunggu Akses Peduli Lindung

Ingin Wisata ke Batu? Sabar Ya, Pengelola sedang Menunggu Akses Peduli Lindung BNS salah satu destinasi di Kota Batu yang juga sedang menunggu akses PeduliLindung agar bisa operasional.(ist)

Klikapa.com -Tiga lokasi destinasi wisata di Kota Batu tinggal menghitung hari untuk bisa melakukan uji coba operasional. Pasalnya saat ini tempat wisata yang telah mendapat rekomendasi uji coba dari Kemenparkraf tengah menunggu keluarnya ID dan Password yang digunakan untuk aplikasi Peduli Lindungi.

"Saat ini untuk tempat wisata yang akan uji coba buka masih nunggu ID dan password untuk pembuatan QR Code pada aplikasi Peduli Lindungi. Dari informasi yang kami dapat, diperlukan waktu lima hari dari kemarin untuk antrian ID dan password," kata Ketua PHRI Kota Batu, Sujud Hariadi, Jumat (10/9). 

Jika mengacu perkiraan waktu itu, artinya  tempat wisata di kota ini akan segera buka pada Rabu atau Kamis minggu depan.  

"Selain menunggu ID dan password, pekan depan kami juga akan membahas teknis pemberlakuan uji coba bersama Disparta dan Kemenparkraf. Selanjutnya baru ditentukan kapan tempat wisata mulai uji coba," kata Sujud yang juga sebagai Direktur Utama Selecta ini.

Ia juga menegaskan bahwa hampir seluruh tempat wisata di Kota Batu telah menerapkan prokes ketat dan tersertifikasi CHSE. Sehingga tinggal uji coba pembukaan sesuai dengan petunjuk teknis dari pemerintah.

Hal senada juga dikatakan Asisten Marketing Manager and Public Relation Jatim Park (JTP) group, Nunuk Liontin. Ia menyampaikan bahwa pihaknya juga tengah menunggu ID dan password dari pemerintah pusat. 

"Untuk operasional JTP 2 kami masih nunggu QR code untuk aplikasi peduli lindungi. Sehingga kapan buka masih menunggu instruksi pusat," paparnya.

Lebih lanjut, Nunuk, sapaan akrabnya menerangkan bahwa JTP Group telah menyiapkan prokes ketat saat uji coba nanti. Serta mematikan tidak adanya pelanggaran prokes, baik oleh karyawan dan juga wisatawan. 

Untuk embukaan tempat wisata secara umum tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 39 tahun 2021. Beberapa ketentuan dalam uji coba yang diminta yaitu wajib menggunakan aplikasi Peduli Lindungi untuk


BERITA TERKAIT