Pemkot Malang Berikan Perhatian Khusus Bumil Jika Terpapar Covid-19 | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Pemkot Malang Berikan Perhatian Khusus Bumil Jika Terpapar Covid-19

  • 22-08-2021 penulis : muhaimin
  • dibaca :1773
Pemkot Malang Berikan Perhatian Khusus Bumil Jika Terpapar Covid-19 Save House atau tempat isoter di Jalan Kami yang kini memiliki fasilitas khusus untuk ibu hamil yang terpapar Covid-19.(ist)

Klikapa.com -Pemerintah Kota (Pemkot) Malang memberikan perhatian khsusus kepada ibu hamil atau bumil. Setelah diberikan fasiltas khusus untuk vaksinasi, kini bumil yang terpapar Covid-19 akan mendapat pelayanan khusus di tempat isolasi terpusat ( isoter). 


Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang dr. Husnul Muarif, perhatian kepada para bumil ini karena mereka termasuk kelompok rentan. Disebutkan, di Kota Malang sedikitnya sudah 27 orang bumil meninggal setelah terpapar Covid-19.


Bumil yang ada di tempat isoter, akan secara khusus didampingi dokter untuk secara kontinyu memantau kesehatannya. Isoter yang ada di Jalan Kawi disebutkan telah memiliki fasilitas itu dan didukung penuh oleh RSUD Kota Malang.


"Di isoter Kawi, sudah ada satu blok sekitar 12 bed atau tempat tidur khusus bagi ibu hamil. Itu juga sudah ada dokter kebidanannnya dan dokter obgynnya. Jadi nanti bisa konsultasi ke dokter-dokter ahli tersebut," terang Husnul,  Minggu (22/8). 


Menurutnya, bumil memang harus mendapat perhatian khusus mengingat secara nasional, risiko kematian ibu hamil karena Covid-19 juga cukup tinggi. Disebutkan 10 kali lipat lebih tinggi daripada golongan masyarakat umum lainnya. 


"Karena ibu hamil itu ada dua organ.  Sehingga bila oksigen turun maka turunnya lebih banyak. Ibu dan bayi sama sama butuh oksigen, karena itu juga kenapa ketika ibu hamil saat kena Covid-19, dropnya lebih cepat dari pada yang lain," bebernya. (ian/aim)
 


BERITA TERKAIT