Kerahkan RT-RW Dinkes Kota Malang Data Warga Isoman | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Kerahkan RT-RW Dinkes Kota Malang Data Warga Isoman

  • 30-07-2021 penulis : muhaimin
  • dibaca :1776
Kerahkan RT-RW Dinkes Kota Malang Data Warga Isoman Ilustrasi warga yang sedang melakukan Isoman mendapat bantuan.(ist)

Klikapa.com - Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Kesehatan kini berupaya terus untuk mengatasi banyaknya warga yang melakukan isolasi mandiri (Isoman) namun tidak terpantau. Karenanya kini sedang dilakuakn pendataan yang berbasis RT-RW hingga Kelurahan.


"Ini masih kita kumpulkan data warga Isoman dari RT. Makanya, nanti ada semacam lumbung data di tingkat kelurahan," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang dr. Husnul Muarif Jumat (30/7/2021).


Menurutnya, wara yang Isoman tidak bisa terpantau jelas karena tidak melaporkan ke pemerintah. Hal itu lanjut dia, biasanya melakukan tes swab atau PCR secara mandiri. 


Sementara jika melakukan tes yang dilakukan di Faskes, akan langsung terdata karena ada langkah untuk tracing. 


Karenanya, lanjut dia. bila sudah ada lumbung data dan relawan yang dibentuk di tiap RT, maka diharapkan data isoman bisa disinkronkan dengan data di Dinas Kesehatan. 


"Itu nanti yang akan disandingkan dengan data yang sudah ada di Dinkes. Jadi, ditambah dengan pasien yang dirawat di Rumah Sakit (RS) atau yang isolasi di Isolasi Terpusat (Isoter)," imbuhnya. 


Husnul menjelaskan, data isoman itu juga berkaitan dengan data lainnya. Bila data isoman tidak diketahui, maka untuk jumlah kasus positif dan jumlah kasus kematian karena Covid-19 juga pasti berpengaruh. Padahal pangkal masalahnya hanya pelaporan dari isoman saja.


"Maka kalau isoman tak terdaftar terus meninggal, kita tidak bisa memasukkan jumlah kasus meninggalnya karena sebelumnya belum terdaftar. Ibarat teman-teman ini belum masuk SMA, tapi (jangan harap) kok sudah dapat ijazah. Oleh karena itu, kami inisiasi lumbung data tersebut," jelasnya. 


Disamping itu, dengan data yang ada, diharapkan nantinya relawan yang berada di tiap RT juga bisa memberikan pendampingan dengan tepat. Saat ini yang paling dibutuhkan adalah memastikan ketersediaan oksigen. Oksigen ini juga menjadi sangat penting karena ternyata masih banyak yang belum mengerti. 


"Saturasi


BERITA TERKAIT