Wanita Penyelenggara Arisan Fiktif Beromset Rp 1 Miliar di Batu Ditangkap | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Wanita Penyelenggara Arisan Fiktif Beromset Rp 1 Miliar di Batu Ditangkap

Wanita Penyelenggara Arisan Fiktif Beromset Rp 1 Miliar di Batu Ditangkap Tersangka penyelenggaran arisan fiksif di Kota Batu saat digelandang petugas.(kerisdianto)

Klikapa.com -Seorang wanita penyelenggara arisan fiktif ditangkap petugas Polres Kota Batu. Wanita berinisal SMA, 23, warga  Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu itu dibekuk setelah hampir satu tahun buron.


Jumlah korban arisan menyerupai MLM itu untuk sementara ini ada 18 orang. Dari para korban itu diduga SMA meraup uang sekitar Rp 1 miliar.


Jumlah pasti para korbannya masih diselidiki petugas. Korbannya umumnya para ibu rumah tanggan yang tergiur iming-iming tersangka agar untung besar. 


Kasat Reskrim Polres Batu AKP Jeifson Sitorus menjelaskan, tersangka SMA ditangkap Kamis (15/7/2021). Modus tersangka menawarkan arisan dengan janji keuntungan 20 - 50 persen.


"Awalnya pelaku menawarkan arisan kepada korban dengan menjanjikan bunga besar dan bisa beraih keuntungan 20 sampai 50 persen. Tapi ternyata arisan itu fiktif,” kata Jeifson, Jumat (16/7). 

Menurutnya, sampai saat ini baru ada satu korban yang melapor. Namun di data peserta arisan terdapat 18 orang. 


Sistem arisan fiktif sama seperti MLM. Yakni bila peserta bisa mengajak orang lain, maka akan dapat keuntungan berlipat. Itulah yang bikin korban bersemangat mengikuti arisan dan mengajak sesama korban. 


Tersangka sampai saat ini masih menjelangi pemeriksaan secara intens. Atas perbuatannya itu pelaku dijerat Pasal 378 dan 372 KUHP. Ancaman hukumannya 4 tahun penjara. (eri/van)
 


BERITA TERKAIT