Kapolres Malang Kota Siap Diperiksa Terkait Pembebasan Tersangka Kasus Penganiayaan | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Kapolres Malang Kota Siap Diperiksa Terkait Pembebasan Tersangka Kasus Penganiayaan

Kapolres Malang Kota Siap Diperiksa Terkait Pembebasan Tersangka Kasus Penganiayaan Kapolresta Malang Kota AKBP Budi Hermanto.

Klikapa.com -Kapolresta Malang Kota AKBP Budi Hermanto mengatakan siap diperiksa terkait pembebasan tersangka kasus penganiayaan yang dilakukan bos Nine House Kitchen Alfresco dan The Nine & KTV Jefrie Permana.


"Silahkan saja, banyak jalur untuk membuktikan. Ada Dumas Presisi, Propam, Paminal dan sebagainya. Saya siap diperiksa,'' jelas Kapolres yang akrab dipanggir Buher ini, Rabu (14/7/2021).


Ikhwal melepas dan sekaligus menghentikan penyidikan terhadap kasus ini disebutkan sudah sesai ketentuan hukum.


''Kami ini sudah berkonsultasi dan hasil itulah yang kami gunakan untuk memutuskan menggunakan restorative justice," papar mantan Kapolres Batu ini. 


Buher menyebutkan jika pelapor Mia Triasanti telah mencabut pada Jumat (2/7) lalu. Kemudian usai diperiksa Rabu (7/7) dan Surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP3) turun dan dilakukan gelar perkara.  


"Hari itu juga terlapor sudah bebas, usai kami gelar perkara," ujarnya.

 
Buher menjelaskan, SP3 dilakukan berangkat dari pencabutan perkara oleh korban. Sehingga kasusnya tidak bisa berlanjut sampai persidangan. Bahkan kasus ini dicabut oleh korban sebelum perkaranya P-21.


"Pelapor sudah mencabut keterangan, sehingga tidak lengkap apabila kami serahkan ke Jaksa Penuntut Umum. Karena keterangan saksi (pelapor) sudah hilang atau gugur," katanya. 


Ia mengaku berpedoman pada pasal 184 KUHAP tentang alat bukti yang sah. Apabila ada alat bukti yang tidak lengkap, maka kasus tidak bisa diselesakan. 


Sehingga meskipun tersangka Jefrie Permana sempat ditahan beberapa waktu lalu, akhirnya bebas. Polresta Malang Kota membebaskan Jafrie pekan lalu, setelah laporan penganiayaan mencabut laporannya.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Kejaksaan Negeri Malang, adanya pencabutan kasus. Sehingga apabila kami lanjutkan sementara kedua belah pihak telah berdamai, apakah layak hukum berlaku seperti itu," ungkapnya. 


Seperti diberitakan sebelumnya, Jefrie Permana pemilik usaha Nine House Kitchen Alfresco dan The Nine & KTV Jefrie Permana dilaporkan karyawannya atas dugaan penganiayaan. Itu dilakukan bersama salah seorang


BERITA TERKAIT