Pasien Cuci Darah Tinggi, RSSA Malang Menambah Unit Hemodialisa | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Pasien Cuci Darah Tinggi, RSSA Malang Menambah Unit Hemodialisa

  • 28-04-2021 penulis : muhaimin
  • dibaca :1233
Pasien Cuci Darah Tinggi, RSSA Malang Menambah Unit Hemodialisa Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meninjau ruang Hemodialisa yang akan meningkatkan layanan pasien cuci darah.(firman)  

Klikapa,com -Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meresmikan Unit Hemodialisa  di Rumah Sakit dr Saiful Anwar (RSSA) Malang, Rabu (28/4/2021). Unit baru ini sekaligus akan berfungsi untuk menambah kapasitas layanan cuci darah bagi pasien penderita gagal ginjal.

Tamabab baru layanan ini sebanyak 45 bad dengan mesin HD sekaligus


Layanan ini merupakan jawaban dari banyaknya permintaan yang mencapai ratusan setiap harinya.  Sebelumnya, ruangan yang digunakan adalah ruang instalasi bedah sentral dengan recovery room. 

Dengan tambahan peralatan baru ini maka unit Hemodialisa RSSA bisa memenuhi kapasitas sebanyak 102 bed.
 
"Yang kami lakukan selama ini (layanan cuci darah) sudah terlalu berlebihan. Makanya kami tambah (peralatan). Sebelumnya kami lakukan mulai dari jam 5 pagi sambil persiapan. Jam 6 sudah mulai running sampai jam 11 malam. Yang dari malam kemudian jam 5 menyiapkan lagi  untuk besoknya lagi," terang Direktur RSSA Malang, dr Kohar Hari Santoso, saat mendampingi Gubernur.

Beban di unit ini lanjutnya selama ini sangat tinggi, beroperasi dari pagi hingga malam hari, dan petugas harus bergiliran berganti shift hingga 4 kali. 

Oleh karenanya ia menyebutkan layanan di unit ini sangat membutuhkan perhatian. Dengan diresmikannya unit Hemodialisa tersebut akan meningkatkan layanan terbaik terhadap masyarakat. Sehingga misi Jatim Bangkit juga akan tercapai.

"Makanya ke depan kami akan terus benahi dan menambah lagi peralatan dengan menyatukan di Gedung Kidney Center," tandasnya. 

Selain ruang Hemodialisa, Khofifah juga meresmikan beberapa unit layanan lainnya seperti instalasi laundry dan sterilisasi sentral ditunjang mesin setrika berkapasitas 10 baju dan celana per menit dan mesin cuci berdaya tampung hingga 56 kilogram. 

Termasuk depo penjernihan air minum dengan kapasitas 60 galon perhari yang didistribusikan gratis ke ruang tunggu pasien hingga Koperasi Jasa Pegawai dan masih banyak lainnya.


Dalam kesempatan itu Khofifa menyebutkan, layanan kepada masyarakat memang harus terus ditingkatkan.


BERITA TERKAIT