Perumdam Kota Batu Jajaki Kenaikan Retribusi Air | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Perumdam Kota Batu Jajaki Kenaikan Retribusi Air

Perumdam Kota Batu Jajaki Kenaikan Retribusi Air Perumdam Among Tirto Kota Batu rencanakan kenaikan tarif air.(ist)

Klikapa.com -Direktur Utama Perusahaan Daerah Air Minum (Perumdam) Among Tirto Kota Batu Edi Sunaedi mengatakan pihaknya sedang mengkaji rencana kenaikan tarif air.  Pasalnya tarif yang berlaku saat ini, sejak tahun 2002  belum berubah hingga saat ini. 

"Rencananya kami akan mengkaji kenaikan tarif retribusi pemakaian air Perumdam Among Tirto Kota Batu. Ini karema selama 19 tahun besaran tarif pelanggan kategori rumah tangga belum berubah. Tarifnya sebesar Rp 880 per meter kubik," ujar Edi, Senin (5/4201). 

Wacana kenaikan tarif itu sebenarnya diebutkan sudah bergulir sejak bulan Maret lalu. Yang tertuang dalam melaporkan LPJ tahunan ke Wali Kota Batu. Salah satu usulan dalam pembahasan adalah rencana kenaikan tarif retribusi air. 

"Yang utama kami tegaskan bahwa kenaikan retribusi air yang diambil oleh Kota dan Kabupaten Malang agar ada penyesuaian tarif. Kemudian kenaikan tarif pelanggan dengan catatan menaikkan kategori kelas pelanggan," bebernya. 

Ia menerangkan, kenaikan kelas pelanggan untuk rumah tangga 1-4 ke depan akan ditambah 5-6. Kategori baru ini yang masuk kategori masyarakat mampu atau elit. Selanjutnya kenaikan tarif industri ke niaga juga wajib ditambah yang awalnya masih niaga 1-2 ditambah jadi niaga 3-4. 

Lebih lanjut, untuk kenaikan tarif akan dikenakan kepada kategori pelanggan rumah tangga golongan tiga hingga golongan enam yang notabene kelompok keluarga mampu. Serta pada kategori niaga industri.

"Kenaikan tarif ini juga sebagai bentuk relevansi dengan kebutuhan biaya operasional dan perawatan. Dasar hukum yang dijadikan acuan untuk menaikkan tarif yakni PP 122 tahun 2015 tentang sistem penyediaan air minum," terangnya.

Dalam aturan itu, dijelaskan besaran tarif tidak boleh lebih dari besaran UMK Kota Batu. Di tahun ini UMK Kota Batu ditetapkan senilai Rp 2.819.801. Maka dengan melihat formulasi perhitungan seperti itu, diketahui nilainya berkisar Rp 112 ribu.

Untuk saat ini, di Kota Batu rata-rata pelanggan membayar masih berkisar Rp


BERITA TERKAIT