Desa Sumberejo Manfaatkan Tanah Kas Deda untuk Wisata Camping Ground | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Desa Sumberejo Manfaatkan Tanah Kas Deda untuk Wisata Camping Ground

Desa Sumberejo Manfaatkan Tanah Kas Deda untuk Wisata Camping Ground Lokasi Wisata Camping Gound di Desa Sumberejo, Kota Batu.(kerisdianto)

Klikapa.com -Masyrakat Kota Batu terus mengeliat dengan destinasi wisata. Terbaru Pemerintah Desa Sumberejo, Kecamatan Batu, Kota Batu mulai memanfaatkan tanah kas desa (TKD) untuk dibangun wisata camping ground. Lokasinya ada di di Dusun Sumberejo.

Kepala Desa Sumberejo, Riyanto mengatakan, ide pembuatan tempat wisata muncul dengan melihat potensi warganya. Yakni adanya beberapa warga yang berprofesi sebagai trainer profesional outbound.
 
"Wisata camping ground kami bangun untuk mewadahi potensi yang ada. Selain pertanian organik, ternyata ada enam warga kami telah tersertifikasi oleh Himpunan Provider Outbound Indonesia (HPOI). Ini SDM yang bisa diberdayakan untuk dan bagi pengembangan wisata desa" kata Riyanto, Senin (22/3/2021).

Untuk itu sejak 2020 lalu, pihaknya menganggarkan pembangunan camping ground di TKD seluas 1000 meter persegi. Pembangunan yang dianggarkan sejumlah Rp 300 juta itu meliputi pembangunan fisik, seperti penataan tanah, penanaman rumput hingga pembuatan mini office dilakukan.

Camping ground ini akan ditambah beberapa fasilitas seperti flying fox, gazebo, dan ditanami pohon tabebuya di sepanjang jalan masuk serta pembangunan hall. 

''Saat ini fasilitas sudah ada kamar mandi, panggung, lampu-lampu taman," katanya.

Dengan potensi pertanian dan camping ground yang ada, pihaknya akan memadukan dua potensi itu dalam satu paket wisata. Apalagi di lokasi camping ground, juga akan ada wisata Kolam Renang Jombok yang merupakan milik warga. 

"Jadi sekali berwisata, tamu yang datang bisa outbond, petik sayur di demplot pertanian yang akan di bangun masih satu area dengan camping ground. Dalam tahun ini kami tinggal launching camping ground tersebut," paparnya.

Pihaknya juga telah menyiapkan rest area dengan luas sekitar 1000 meter persegi sebagai areal parkir. Lokasi itu dapat menampung maksimal lima bus. 

Sementara itu, Kepala Disparta Kota Batu, Arief As Siddiq telah meminta seluruh desa/kelurahan di Kota Batu untuk mengangkat dan mengembangkan potensi yang ada di sektor pariwisata untuk mewujudkan


BERITA TERKAIT