BMKG Sebut Gempa Majene Jenis Dangkal Yang Timbulkan Kerusakan Besar | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

BMKG Sebut Gempa Majene Jenis Dangkal Yang Timbulkan Kerusakan Besar

  • 15-01-2021
  • Editor :junaedi
  • dibaca :8940
BMKG Sebut Gempa Majene Jenis Dangkal Yang Timbulkan Kerusakan Besar Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati.(ist)

Klikapa.com -Gempa yang terjadi di Majene, Sulawesi Barat, sejak Kamis (14/1) sampai Jumat dini hari (15/1) menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merupakan fenomena gempa dangkal.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter, gempa bumi ini kita kategorikan adalah gempa dangkal akibat dari aktivitas sesar atau patahan lokal yang ada di sana," kata Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati  kepada media yang disampaikan secara virtual, Jumat (15/1/2021).

Gempa bumi dangkal merupakan gempa yang hiposentrumnya berada kurang dari 60 km dari permukaan laut. Gempa ini kerap menimbulkan kerusakan yang besar.

Hasil analisis sementara BMKG katanya, mekanisme patahan tersebut merupakan mekanisme pergerakan naik. Dampak gempa dangkal ini guncangan lebih terasa dan membuat sejumlah bangunan roboh.

Berdasarkan analisis peta guncangan BMKG yang diukur dengan skala MMI atau Modified Mercalli Intensity, gempa dengan magnitude 6,2 ini memicu kekuatan guncangan V-VI MMI di Majene, IV-V MMI di Mamuju-Majene, dan 3-4 MMI di Mamuju Utara-Mamuju Tengah

Potensi Longsor Bawah Laut, Korban Gempa Majene Dilarang Dekati Pantai

"Artinya VI MMI itu sangat dirasakan oleh banyak orang di sana dan apabila bagian bangunan, bisa roboh," ujarnya.

BMKG mencatat, sejak gempa pertama sudah terjadi 28 kali gempa, termasuk dua yang pertama sekitar pukul 13.00 WIT, kemudian yang kedua Jumat dini hari tadi, dan 26 lainnya merupakan gempa susulan.

Dampak Gempa seperti laporan BPBD setempat akibatkan empat orang meninggal, 637 orang lainnya luka-luka.

Kerusakan materi, BNPB mencatat sedikitnya 62 unit rumah rusak, satu unit puskesmas rusak berat, satu kantor Danramil Maluda rusak berat, jaringan listrik padam, komunikasi selular tidak stabil dan longsor di tiga titik sepanjang jalan poros Majene - Mamuju.

Sedangkan di Kabupaten Mamuju, BPBD setempat menginformasikan kerusakan berat antara lain Hotel Maleo, kantor Gubernur Sulawesi Barat dan sebuah mini market.

Gempa turut merusak jaringan listrik dan komunikasi selular terganggu di


BERITA TERKAIT