34 Fasyankes Siap Layani Vaksinasi Covid-19 | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

34 Fasyankes Siap Layani Vaksinasi Covid-19

34 Fasyankes Siap Layani Vaksinasi Covid-19 Rumah Sakit Lavalette salah satu RS di Kota Malang yang siap menerima vaksinasi Covid-19.(ist)

Klikapa.com –Setidaknya 34 fasilitas layanan kesehatan (Fasyankes) menyatakan kesiapannya untuk melakukan vaksinasi Covid-19. Fasyankes tersebut meliputi, rumah sakit, klinik, dan Puskesmas.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinkes Kota Malang Sri Winarni menyampaikan, jumlah Fasyankes itu akan terus bertambah seiring dengan data yang masuk di aplikasi  P-Care BPJS Kesehatan Malang.

Pendaftaran Fasyankes dibuka sampai Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menyampaikan tenggat waktu finalisasi Fasyankes.

“Waktu finalisasinya belum ditentukan Kemenkes,” ujar Winarni, Senin (11/1/2021).

Menurutnya, ada tiga persyaratan Fasyankes untuk bisa melakukan vaksinasi antara lain, memiliki tenaga kesehatan (Nakes) yang melakukan vaksinasi. Tersedia sarana rantai dingin (cold chain) untuk penyimpanan vaksin, dan memiliki izin operasional. 

Tiga syarat tersebut tercantum dalam Juknis vaksinasi Covid-19 yang tertuang dalam Surat Keputusan Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Nomor HK.02.02/4/1/2021.

Dia tidak menyebut target tertentu jumlah Fasyankes yang bisa melaksanakan vaksinasi. “Prinsipnya, Fasyankes yang melaksanakan vaksinasi harus memenuhi persyaratan itu,” jelasnya.
 


BERITA TERKAIT