Air Berbau Solar, PDAM Kota Malang Beri Potongan 7,5 Persen untuk Rekening November | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Air Berbau Solar, PDAM Kota Malang Beri Potongan 7,5 Persen untuk Rekening November

Air Berbau Solar, PDAM Kota Malang Beri Potongan 7,5 Persen untuk Rekening November Proses pembersihan solar di saluran air PDAM Kota Malang rampung

Klikapa.com - PDAM Kota Malang memberikan kompensasi 7,5 persen kepada pelanggan. Bentuknya berupa potongan tagihan air di Bulan November.
 
Potongan tagihan tarif air diberikan sebagai akibat air yang disalurkan ke pelanggan terkontaminasi solar, Kamis (12/11) lalu. Akibat peristiwa itu, 80.926 pelanggan dari total 169.381 menanggung dampaknya. 

Dirut PDAM Kota Malang M Nor Muhlas mengatakan potongan tagihan air sebesar 7,5 persen itu diberikan kepada sekitar 68 ribu pelanggan. 

Ia menjelaskan dari data awal memang dituliskan terdapat sekitar 80 ribu pelanggan yang terdampak proses pembersihan reservoir Wendit III. Tapi tidak semua pelanggan terdampak. 

Dijelaskannya penghitungan 7,5 persen untuk potongan tarif pemakaian air di didasarkan analisis kemampuan perusahaan. DPRD Kota Malang sempat menuntut potongan tarif sebesar 10 persen.

“Dari analisis kemampuan keuangan perusahaan kami mampu memberikan di angka 7,5 persen potongan. Untuk 10 persen belum bisa,” tegas Muhlas. 

Muhlas juga menyakini pemberian kompensasi tepat sasaran. Pasalnya PDAM Kota Malang telah memiliki database digital yang dapat memetakan mana pelanggan terdampak dan pelanggan tak terdampak. 

Sementara itu hingga 21 November lalu proses flushing dan normalisasi titik saluran yang terdampak solar masih dilakukan. Salah satunya dilakukan di enam titik kawasan. Di antaranya kawasan Jalan Ikan Piranha, Jalan Ikan Paus, Jalan Ikan Lodan dan kawasan Jalan S Parman.

Tingkat Ph (Keasaman air) sudah normal di angka 6,8 hingga 7,8. PDAM juga memastikan air yang disalurkan bersih dari kontaminasi solar.
 


BERITA TERKAIT