Tak Kantongi Izin, Villa Mewah di Batu Disegel | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Tak Kantongi Izin, Villa Mewah di Batu Disegel

Tak Kantongi Izin, Villa Mewah di Batu Disegel Petugas Satpol PP Kota Batu saat menyegel pintu masuk villa tak ber IMB.

Klikapa.com -Dianggap tak kantongi izin, salah satu villa di lahan seluas 1400 meter persegi di di Dusun Tlogorejo, Desa/Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, disegel Satpol PP setempat, Rabu (18/11/2020). 

Menurut penyidik ASN Bidang Gakda Satpol PP Kota Batu Dekky Fauzi, villa itu disegel karena tidak memiliki izin mendirikan bangunan (IMB). 

Villa itu  telah berdiri dengan delapan bangunan dengan 17 ruangan dan satu hall serta kolam renang. Bangunan belakang berada di kemiringan dan berdekatan dengan sumber air.

"Bangunan kami segel karena tidak memiliki IMB atau melanggar Perda nomor 4 tahun 2011 tentang IMB. Dengan begitu pembangunan dihentikan sementara hingga proses perizinan diselesaikan," ujar Dekky, Rabu (18/11 ).

Sebelum disegel, petugas telah memanggil  pemiliknya  agar melakukan proses perizinan. Namun pemilik tidak mengindahkan dan tindakan tegas dilakukan dengan menyegel bangunan. 

Selain tak memiliki IMB,  pembangunan villa itu diduga  berada di lahan hijau. Hal itu melihat dari lingkungan sekitar yang masih lahan pertanian. 

Sementara pihak desa sebelumnya juga telah mengirimkan surat peringatan ke pemilik untuk segera mengurus perizinan. Namun surat tersebut juga digubris dan terus melakukan pembangunan. 

Sebelumnya, Satpol PP Kota Batu telah melakukan pendataan terhadap bangunan yang tidak memiliki izin. Setidaknya ditemukan 128 bangunan tak ber-IMB. Data tersebut diketahui saat melakukan penyisiran mulai Januari hingga September 2020. 

Selain menemukan bangunan yang tidak berizin, Satpol PP juga mendapti sejumlah bangunan yang tidak sesuai peruntukannya  atau beralih fungsi tanpa ada pembaruan izin. 

Seperti rumah hunian yang beralih menjadi guest house atau tempat usaha lainnya yang seharusnya juga mengurus IMB. 

Di tahun 2018 hingga 2019 lalu, akumulasi pelanggaran IMB sebanyak 255 pelanggar dengan 40 diantaranya telah menjalani tipiring. (eri/jon)
 


BERITA TERKAIT