Lihat, Betapa Besarnya Perawatan Pasien Covid-19 | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Lihat, Betapa Besarnya Perawatan Pasien Covid-19

  • 16-11-2020
  • Editor :junaedi
  • dibaca :1533
Lihat, Betapa Besarnya Perawatan Pasien Covid-19 ilustrasi perawatan pasien covid-19.(ist)

Klikapa.com -Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melansir kajiannya  tentang biaya perawatan pasien Codid-19.  Rata-rata klaim biaya perawatan pasien covid-19 mencapai Rp184 juta. Sementara biaya perawatan pasien covid-19 paling tinggi mencapai Rp446 juta.

Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (UI) Hasbullah Thabrany mengatakan besarnya biaya perawatan itu bergantung pada tingkat keparahan penyakit covid-19 yang diderita pasien dan penyakit bawaan pasien, seperti diabetes dan hipertensi, serta daya tahan tubuh pasien.

"Rata-rata biaya berobat Rp184 juta, antara Rp2,4 juta sampai Rp446 juta. Itu bagian yang saya kira kita semua individu jangan egois," katanya dalam diskusi Perhitungan Rugi-Rugi Kena Penyakit, Senin (16/11/2020).

Selanjutnya, rata-rata lama perawatan adalah 15,4 hari. Oleh sebab itu, ia mengimbau semua pihak untuk mencegah penularan covid-19.

Alasannya, biaya perawatan tersebut ditanggung oleh negara menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang merupakan uang rakyat.
 
"Banyak orang tidak paham kalau dia sakit covid-19, yang obati negara ditanggung negara, uang negara, APBN kan uang kita semua kalau kita ambil seenaknya saja itu artinya kita ambil uang bersama, jadi jangan egois," tegasnya.

Pemerintah sendiri telah menganggarkan dana penanganan pandemi covid-19 sebesar Rp695,2 triliun. Dari jumlah tersebut untuk anggaran kesehatan sebesar Rp87,55 triliun.

Belum lagi, kerugian karena tidak bisa menghasilkan pendapatan jika terpaksa dirawat karena covid-19. Hasbullah juga menuturkan pasien mengalami kerugian yang tak bisa dinilai dengan uang, yaitu rasa kecemasan dan kekhawatiran selama dirawat.

Toh, lanjutnya, biaya pencegahan dengan 3 M, yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan tidak semahal jika seseorang tertular covid-19.

"Ini yang mesti dipahami banyak orang, kalau sakit bilangnya cobaan Tuhan, memang betul cobaan dari Tuhan, tapi belum banyak yang akui kalau sakit ini bencana individual, dan jangan salah sakit itu sebetulnya musibah yang bisa kita kendalikan melalui perilaku kita kalau kita pakai masker


BERITA TERKAIT