Korean Air Akuisisi Asiana Air Senilai Rp 22 Triliun | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Korean Air Akuisisi Asiana Air Senilai Rp 22 Triliun

  • 16-11-2020
  • Editor :junaedi
  • dibaca :1101
Korean Air Akuisisi Asiana Air Senilai Rp 22 Triliun ilustrasi.(ist)

Klikapa.com -Maskapai penerbangan Korean Air, mengumumkan akan mengambil alih rival terberatnya, Asiana Airlines. Perusahaan kondang asal Korea Selatan mengambil-alih dengan nilai akuisisi USD 1,6 miliar atau sekitar Rp 22 triliun.

Mengutip lansiran AFP, Senin (16/11/2020), kesepakatan yang menggabungkan dua raksasa aviasi Korea itu dilakukan untuk menghindari kerugian yang lebih dalam lagi akibat pandemi Covid-19.

"Alasan utama di balik akuisis ini, mengingat status keuangan Korean Air juga bisa terancam jika situasi Covid-19 berkepanjangan, maka tidak dapat dihindari restrukturisasi pasar penerbangan domestik untuk meningkatkan daya saingnya," kata Korean Air dalam pernyataannya.

Penggabungan besar ini juga diharapkan dapat mengangkat maskapai negeri ginseng itu menjadi yang terbaik dunia.

"Setelah Korean Air menyelesaikan akuisisi Asiana Airlines, maskapai ini diharapkan menjadi salah satu dari 10 maskapai teratas di dunia." tambah Korean Air.

Korean Air mengatakan akan membayar 1,8 triliun won (Rp 22 triliun) kepada Asiana, menggunakan uang tunai dari hasil rights issue 2,5 triliun won pada awal tahun depan. Kesepakatan itu juga mencakup anak perusahaan Asiana Air Seoul dan Air Busan.

Asiana telah lama diganggu oleh masalah keuangan. Hal ini mendorong perusahaan induk Kumho Group untuk menjual 31% saham Asiana tahun lalu.

Sebelumnya Hyundai Development Company (HDC) juga berniat mengambil alih maskapai itu. Namun pandemi Covid-19 yang menghancurkan industri penerbangan membatalkan rencana akuisisi tersebut.


BERITA TERKAIT