Andrea Iannone 'Didepak' dari MotoGP Empat Tahun | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Andrea Iannone 'Didepak' dari MotoGP Empat Tahun

  • 10-11-2020
  • Editor :junaedi
  • dibaca :1341
Andrea Iannone 'Didepak' dari MotoGP Empat Tahun Pembalap MotoGP Andrea Iannone dihukum larangan balapan selama empat tahun karena kasus doping.(dok.afp)

Klikapa.com -Kasus doping yang dialami pemalap Moto GP Andrea Iannone makin menyulitkan pembalap ini. Terakhir, Badan Arbitrase Olahraga (CAS), menolak banding pembalap Aprilia ini dan bahkan menambah durasi hukuman menjadi empat tahun, Selasa (10/11/2020).

Iannone sebelumnya dinyatakan bersalah atas penggunaan doping oleh FIM. Ia dijatuhi hukuman 18 bulan terhitung sejak 17 Desember 2019 hingga 16 Juni 2021.

Iannone dinyatakan positif doping pada MotoGP Malaysia, 3 November 2019.

Aprilia dan Iannone mengajukan banding atas putusan yang dikeluarkan FIM ke CAS. Namun, banding yang dilakukan Aprilia ditolak oleh CAS.

Mengutip lansiran Motorsport, CAS menolak banding yang diajukan setelah melihat bukti-bukti yang ada. Sebagai bentuk dukungan kepada Badan Anti Doping Dunia (WADA), CAS menaikkan hukuman untuk Iannone menjadi empat tahun.

CAS menemukan bahwa Iannone tidak menyerahkan bukti yang diperlukan untuk mendukung klaim terkait makanan yang disebutkan terkontaminasi. Selain itu, Iannone dan pihaknya tidak dapat memberikan bukti yang substansial berkaitan dengan masalah makanan yang telah terkontaminasi saat tampil di MotoGP Malaysia 2019.

Hasil tes sendiri menyatakan Iannone positif doping jenis drostanolone atau anabolik steroid.

Keputusan ini membuat Aprilia harus mencari pengganti Iannone. Sebelumnya, Aprilia menyatakan bakal mempertahankan Iannone untuk MotoGP 2021 sembari berharap CAS menganulir hukuman yang dijatuhkan FIM.

Pada MotoGP 2019, Iannone meraih 43 poin dan menempati peringkat ke-16 klasemen. Sepanjang kariernya sejak 2013, Iannone baru sekali juara seri MotoGP dan sudah memperkuat beberapa tim seperti Ducati, Suzuki, dan Aprilia.
 


BERITA TERKAIT