Korembi Keluhkan Bus Wista DAMRI Batu - Bromo. Ini Penyebabnya | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Korembi Keluhkan Bus Wista DAMRI Batu - Bromo. Ini Penyebabnya

Korembi Keluhkan Bus Wista DAMRI Batu - Bromo. Ini Penyebabnya Komisi Komisi C DPRD Kota Batu saat dengan pendapat bersama Dinas Pariwisata, Dinas Perhubungan (Dishub) dan Komunitas Rental Mobil (Korembi) Korwil Batu. (kerisdianto)

Klikapa.com -Beroperasinya bus wisata DAMRI Kota Batu - Bromo menuai kritik. Komunitas Rental Mobil (Korembi) Korwil Batu minta layanan transportasi wisata itu jangan sampai mematikan angkutan wisata yang lain.


Ketua Korembi Korwil Batu, Zaenudin berharap DAMRI tak melenyapkan sumber pendapatan pelaku usaha biro perjalanan wisata maupun pemandu wisata. Tapi sebaliknya harus ada kolaborasi program dari perusahaan milik negara itu. 
.  


"Semisal tidak membuka produk paket wisata. Hanya sebatas pada layanan transportasi karena DAMRI ini hanya sebagai kendaraan perintis saja," kata Zaenudin saat dengar pendapat dengan Komisi C DPRD Kota Batu, Selasa (3/11/2020) 


Dengar pendapat itu dilakukan bersama Dinas Pariwisata, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batu dan Komunitas Rental Mobil (Korembi) Korwil Batu. 


Pembahasan ini dilakukan untuk mencari solusi hadirnya armada bus DAMRI diharapkan tidak menjadi persoalan baru di lapangan. Khususnya berkait dengan usaha yang sama.


Zaenudin meminta berharap agar  armada bus DAMRI juga bisa  meredam jika nanati akan terjadi konflik di lapangan. Saat penjemputan penumpang harus sesuai tempat yang ditentukan. Sesuai yang telah disampaikan sebelumnya di Terminal Kota Batu.


"Jadi di batas-batas yang sudah ditentukan. Agar nanti tidak muncul rasa tersaingi di benak kendaraan umum maupun pelaku travel wisata," harapnya. 


Ia juga mengingatkan armada bus wisata itu, jam pemberangkatan sesuai jadwal serta tidak mengambil penumpang disembarang tempat.


Sejauh ini ia menyebutkan belum menghitung seberapa besar dampak terhadap anggotanya setelah bus wisata DAMRI beruperasi. 


Diketahui DAMRI  meluncurkan angkutan wisata di Kota Batu - ke kawasan Wisata Bromo.  Rute itu Batu - Bromo dan Batu - Wali Limo itu sesuai kesepkatan Pemkot Batu dengan DAMRI.


Kepala Dishub Kota Batu, Imam Suryono memaklumi kekhawatiran Korembi akan beroperasinya bus DAMRI. Namun ia menyebutkan program itu dari pemerintah pusat yang diprioritaskan bagi masyarakat menengah


BERITA TERKAIT