Tahun Ini Musim Hujan Datang Lebih Cepat. Puncaknya Januari - Februari | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Tahun Ini Musim Hujan Datang Lebih Cepat. Puncaknya Januari - Februari

Tahun Ini Musim Hujan Datang Lebih Cepat. Puncaknya Januari - Februari ilustrasi musim hujan (ist)

Klikapa.com - Kasi Data dan Informasi BMKG Kelas I Juanda Surabaya, Teguh Tri Susanto mengatakan puncak musim hujan tahun ini diperkirakan akan terjadi bulan Januari - Februari 2021.

Musim hujan, katanya, saat ini sudah masuk musim penghujan. Hanya saja intensitasnya masih rendah. Peningkatan intensitas hujan akan terjadi di bulan November dan Desember. 

Puncak musim hujan diperkirakan terjadi di bulan Januari – Febuari tahun 2021. 


Dia menyebutkan musim hujan datang lebih awal, diakibatkan adanya perkembangan dinamika atmosfer laut, yang mengindikasikan anomali iklim La Nina. 


“La Nina merupakan kondisi penyimpangan atau anomali  suhu permukaan laut Samudra Pasifik Tropis bagian tengah dan timur lebih dingin dibandingkan kondisi normal,’’ katanya. 

Teguh mengatakan selain terdapat La Nina, juga terdapat beberapa gangguan atmosfer lain yang memengaruhi  peningkatan curah hujan, disertai dengan kilat, petir dan angin kencang. 

Seiring dengan terjadinya La Nina  dan beberapa gangguan atmosfer lain, berpotensi  gelombang tinggi di perairan Jawa Timur dan Samudera Hindia Selatan. Gelombang laut bisa mencapai 3,5 meter. (van) 
 


BERITA TERKAIT