Pemkot Batu segera Bubarkan 50 Koperasi Tak Miliki Pengurus | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Pemkot Batu segera Bubarkan 50 Koperasi Tak Miliki Pengurus

Pemkot Batu segera Bubarkan 50 Koperasi Tak Miliki Pengurus Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso saat meninjau produk koperasi Mikawa di Jalan Imam Bonjol, Kamis (1/10).

Klikapa.com -Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan (Diskumdag) Kota Batu bakal membubarkan sedikitnya 50 usaha Koperasi dari total 206 koperasi yang terdaftar. Pembubaran itu ditargetkan mulai tahun depan.

Kepala Diskumdag Kota Batu Eko Suhartono menyebut pembubaran 50 koperasi itu karena dicatatnya tidak memiliki susunan pengurus. 

Pernyataan itu diungkapkan saat saat menghadiri pengukuhan dan launching Koperasi Mikawa yang merupakan binaan dari Kadin Kota Batu di Jalan Imam Bonjol, Kamis (1/10/2020).
 
"Saat ini jumlah koperasi di Kota Batu totalnya ada 206 koperasi. 50 di antaranya akan dibubarkan karena eks Kabupaten Malang dan keberadaannya tidak ada pengurus," katatnya. 

Ia menerangkan, sebelum pembubaran pihaknya akan membentuk tim penyelesaian. tim itulah yang nantinya akan melakukan kajian bisa tidaknya mereka terus melakukan usahanya.

"Tim ini dibuat karena petunjuk dari pusat. Kedepan sebelum dilakukan pembubaran kami akan menghubungi ke pemerintah desa/kelurahan yang wilayahnya terdapat 50 koperasi tidak memiliki pengurus tersebut," terangnya.

Setelah itu, pihaknya akan menindaklanjuti dengan memasang informasi tentang pembubaran koperasi. Ketika tidak ada tanggapan dari koperasi yang bakal ditutup dalam waktu dua minggu, maka koperasi yang bersangkutan ditutup.

Dengan adanya 50 koperasi yang bakal dibubarkan, maka koperasi yang masih sehat atau aktif ada 156 koperasi. Dengan rincian 106 koperasi masih aktif RAT dan 50 koperasi masih tahap pendampingan.

Koperasi-koperasi yang tergolong sehat itu meliputi 40 koperasi simpan pinjam, 25 koperasi retail  (pertokoan ada unit simpan pinjaman), 20 koperasi produsen, 30 koperasi wanita dan lain sebagainya. 

"Selain itu kami juga telah membubarkan empat koperasi yang tidak memiliki izin. Sebaliknya untuk koperasi yang baru berdiri tahun ini ada lima. Setiap koperasi memiliki anggora rata-rata mulai dari 100-150 orang," imbuhnya.

Sementara itu Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso yang turut hadir dalam kegiatan itu mengapresiasi berdirinya Koperasi Mikawa Kadin Kota Batu yang bergerak di bidang retail. 

Ia


BERITA TERKAIT