Kota Batu segera Terapkan Sanksi Denda Pelanggar Prokes | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Kota Batu segera Terapkan Sanksi Denda Pelanggar Prokes

Kota Batu segera Terapkan Sanksi Denda Pelanggar Prokes Operasi Yustisi pelanggan protokol kesehatan yang kian gencar dilakukan di Kota Batu.(firman)

Klikapa.com -Tim Pemburu Pelanggar Protokol Kesehatan (Prokes) Kota Batu sampai saat ini telah menjaring dan menindak setidaknya 350 pelanggar Prokes. Kebanyakan mereka disanksi sosial dan fisik.

"Hingga saat ini ada sekitar 350 pelanggar protokol kesehatan terjaring di wilayah Kota Batu. Kebanyakan pelanggar masih diberikan sanksi sosial dan fisik," kata Plt Kepala Satpol PP Kota Batu, M. Nur Adhim, Selasa (22/9/2020).

Untuk menekan penularan virus corona atau Covid-19, Pemkot Batu telah membentuk Tim pemburu Prokes sejak 16 September lalu. Kini, tim nin rata-rata sehari menjaring sekitar 50 orang pelanggar Prokes.

Menurutnya, Operasi Yustisi pelanggar Prokes ini memang kian gencar dilakukan. Dampaknya pun mulai terlihat.  Jika dibanding dengan sebelum ada Operasi Yustisi pelanggaran bisa mencapai dua kali lipat atau 100 orang perhari.

Kini pihaknya juga sedang menjajaki pemberlakuan denda terhadap pelanggar Prokes. Ini karena penerapan denda dengan sidang di tempat harus berkoordinasi terlebih dahulu Kejaksaan Negeri Malang dan Pengadilan Negeri. 

"Hari ini kami berkoordinasi dengan Kejaksaan Negeri Malang. Kemungkinan Operasi Yustisi dengan sidang dan denda di tempat akan digelar seminggu dua kali. Yakni pada hari Selasa dan Kamis," bebernya. 

Hingga saat ini, Operasi Yustisi dengan menerapkan denda masih dilakukan hanya sekali. Terdapat 64 pelanggar protokol kesehatan yang tak memakai masker.  Dari jumlah itu, ada 52 pelanggar langsung sidang dan membayar denda di tempat dengan jumlah denda yang terkumpul sekitar Rp 1,4 juta. Uang denda ini bakal masuk kas negara. (eri/jon)
 


BERITA TERKAIT