RS di Kota Malang Dapat Bantuan Ventilator untuk Tangani Pasien Covid-19 | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

RS di Kota Malang Dapat Bantuan Ventilator untuk Tangani Pasien Covid-19

RS di Kota Malang Dapat Bantuan Ventilator untuk Tangani Pasien Covid-19 ilustrasi.(ist)

Klikapa.com – Permintaan Pemkot Malang untuk mendapat bantuan tambahan ventilator untuk penanganan pasien Covid-19 direspon Pemprov Jatim. Rencananya, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa akan  menyerahkan bantuan sembilan ventilator itu, Sabtu (19/9/2020). 

Jubir Satgas Covid 19 Kota Malang dr Husnul Muarif menjelaskan, pihaknya memang sangat  membutuhkan alat  ini. Khususnya untuk menangani pasien Covid-19 dengan gejala berat.

"Sudah (mendapat persetujuan dari Pemprov Jatim). Insya Allah besok kalau tidak ada perubahan, penyerahan alat ventilator akan diserahkan Gubernur di gedung BPSDM (Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia) di Jalan Kawi," kata Husnul, Jumat (18/9/2020). 

Bantuan alat ventilator itu lanjunya akan akan didistribusikan ke beberapa rumah sakit. Antara lain, RSI Unisma sebanyak 2 unit, RSI Asyiyah 2 unit, RS Lavalette 1 unit, dan RST Soepraoen mengusulkan 4 unit.

Nantinya, setiap rumah itu harus menyediakan tenaga yang memadai dan terverifikasi untuk pengoperasiannya. Untuk satu alat ini setidaknya membutuhkan 4-6 petugas operator yang diatur dalam satu shift.

"SDM disiapkan dari rumah sakit yang bersangkutan, mereka itu sudah mengikuti pelatihan khsuus dan terverifikasi. Untuk 1 ventilator itu satu shift nya antara 4 sampai 6 orang. Jika dibagi menjadi 2 shift untuk petugas ventilator,''  papar Husnul.

Untuk diketahui, ketersediaan ventilator di rumah sakit rujukan di Kota Malang seperti di antaranya RSSA (Rumah Sakit Saiful Anwar) ada 7 alat, RS Lavalette ada 2, dan RS Panti Waluyo Sawahan (RKZ) ada 6 telah penuh. 

Padahal alat tersebut dibutuhkan untuk melakukan treatment kepada pasien Covid-19 hingga kategori suspect dengan gejala berat. (ica/aim)
 


BERITA TERKAIT