Hati-hati, Rabu Esok Kota Malang Terapkan Sanksi Denda Yang Tak Bermasker | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Hati-hati, Rabu Esok Kota Malang Terapkan Sanksi Denda Yang Tak Bermasker

Hati-hati, Rabu Esok Kota Malang Terapkan Sanksi Denda Yang Tak Bermasker Operasi tak bermasker yang selama ini dilakukan baru teguran. Rabu Esok mulai disanksi denda.

Klikapa.com -Waspada ya, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang mulai sanksi berupa denda terhadap pelanggar protokol Covid-19 per Rabu (16/9/2020).

Barang siapa diketahui tak bermasker akan disanksi denda sebesar Rp 100 ribu yang dilakukan sidang di tempat. 

Wali Kota Malang Sutiaji menegaskan penerapkan sanksi itu tidak perlu menunggu surat tugas dari Pemprov Jatim.  

“Sebenarnya Inpres No 6 tahun 2020 saja sudah cukup. Tapi kapan hari kita disarankan agar ada surat tugas supaya  lebih aman secara legal melakukan penindakan. Tapi kemarin baru muncul juga Instruksi Dirjen Badan Peradilan Umum Mahmakah Agung (MA),” jelasnya, Selasa (15/9). 


Sebelumnya Sutiaji mengatakan perlu surat tugas dari Pemprov Jatim untuk menegakan Perda Jatim  No 2 Tahun 2020 dan Pergub No 53 tahun 2020, pihaknya menggu surat dari Pemprov. 


Namun kini Sutiaji mengatakan langkahnya itu mengacu pada instruksi Dirjen Badan Peradilan Umum MA tentang Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan turun pada tanggal 14 September lalu. Aturan ini mengatur tentang penegakan disiplin seperti sanksi denda pada pelanggar protokol Covid-19 yang dapat dilakukan aparat di daerah. 


Ia menegaskan per 16 September, penerapan operasi yustisi akan digalakan. 


“Mulai besok (hari ini,red) kita akan mulai operasi,” tegas dia. 


Dalam penerapannya nanti, Sutiaji menyebut sasarannya hanya untuk masyarakat yang tidak mengenakan masker. Pihaknya akan melakukan teguran terlebih dahulu, sebelum memberikan sanksi apabila ada masyarakat yang bandel.
 


BERITA TERKAIT