Banyak Warga Belum Tercover BPJS Kesehatan Pemkot Batu Kebut Menanganinya | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Banyak Warga Belum Tercover BPJS Kesehatan Pemkot Batu Kebut Menanganinya

Banyak Warga Belum Tercover BPJS Kesehatan Pemkot Batu Kebut Menanganinya  Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko (tengah) upayakan warganya segera tercover BPJS Kesehatan semuanya.(kerisdianto)

Klikapa.com -Warga Kota Batu sampai masih banyak yang belum tercover BPJS Kesehatan. Catatan Pemerintah Kota Batu ada sekitar 33 persen dari 211.576 warganya yang tidak terjamin di BPJS. Karena itu Pemkot setempat menargetkan seluruh warganya bisa tercover BPJS Kesehatan. 

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko mengatakan itu dalam rapat bersama tentang Universal Health Coverage (UHC). Yakni,  program yang memastikan masyarakat memiliki akses untuk mendapatkan pelayanan kesehatan tanpa harus menghadapi kesulitan finansial.

"Alhamdulillah bersama Dinkes, Dinsos, DPRD dan BPJS Kesehatan sudah rapat beberapa kali membahas UHC. Tujuannya agar semua penduduk Kota Batu bisa dicover kesehatannya. Insya Allah per 1 Oktober semua bisa tercover," ujar Dewanti Selasa (15/9/2020).

Dengan program UHC dari pemerintah pusat itu, ia berharap masyarakat bisa mendapat akses kesehatan yang baik. Sehingga ketika terjadi hal yang tak diinginkan (sakit) masyarakat memiliki akses kesehatan dan tidak perlu bingung lagi.

"Sampai saat ini warga Kota Batu yang telah tercover BPJS sudah 77 persen atau 164.924 penduduk. Jadi tinggal 33 persen yang nanti akan ditambahi untuk dijadikan 100 persen seluruh warga tercover BPJS Kesehatan," terangnya.

Untuk mengcover dari jumlah itu, Pemkot Batu telah menyiapkan anggaran Rp 10 miliar. Namun setelah dihitung Dinkes setempat, anggaran untuk mengcover warga yang belum mendaftar BPJS Kesehatan sebesar Rp 6 miliar.

Tak hanya BPJS Kesehatan, untuk tahun berikutnya Dewanti juga telah menyampaikan ke Komisi C DPRD Kota Batu agar program ini tidak hanya diberlakukan pada BPJS Kesehatan. Tapi juga BPJS Ketenagakerjaan.

"Tapi tergantung anggarannya ada atau tidak. Nah ketika anggaran bisa untuk semua masyarakat Kota Batu, kenapa tidak. Tapi kan sudah dikurangi bagi PNS dan BUMN  yang memang sudah tercover," terangnya.
 


BERITA TERKAIT