Perum Jasa Tirta: Kualitas Air Kali Brantas Masih Aman | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Perum Jasa Tirta: Kualitas Air Kali Brantas Masih Aman

Perum Jasa Tirta: Kualitas Air Kali Brantas Masih Aman Pimpinan Perum Jasa Tirta I (PJT I) berdiskusi dengan Komunitas Environmental Green Society Mahasiswa Biologi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Maliki Malang yang telah meneliti kualitas air sungai Brantas.

Klikapa.com -Perum Jasa Tirta I (PJT I) sebutkan kualitas air Kali Brantas sampai saat ini masih cukup aman. Tingkat keasamannya di angka 7,4 hingga 7,8 sebagai idikasi tingkat pencemaran masih bisa ditolerir.


Pernyataan yang disampaikan direktur utama PJT I, Raymond Valiant Ruritan  itu sekaligus merespon adanya penelitian dari Komunitas Environmental Green Society Mahasiswa Biologi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Maliki Malang. Dalam penelitan itu menemukan limbah mikroplastik yang dapat mencemari sungai Brantas. 


Raymond sendiri mengaku telah membahas hasil penelitian dari kelompok muda peduli lingkungan itu, Jumat (11/9/2020). Ia menyebutkan jika mikroplastik sampai saat ini belum dipakai sebagai parameter dalam pengamatan kualitas air.


“Menurut PP No 82 Tahun 2001 (tentang Pengelolaan Kualitas Air dan Pengendalian Pencemaran Air) maupun Perda Provinsi Jawa Timur tentang pengelolaan kualitas air, mikroplastik tidak disebutkan sebagai parameter,” tegasnya saat bergabung dalam diskusi secara virtual.

 
Meski begitu ia mengapresiasi penelitian yang dilakukan mahasiswa itu. Sebagai pengelola Kali Brantas ke depannya mengingini bisa menggandeng mahasiswa sebagai mitra khususnya dalam penelitan baku mutu kali yang digunakan berbagai kemutuhan termasuk air minum ini.  


Raymond tidak tutup mata ikhwal limbah mikroplastik sudah mempengaruhi pola hidup biota di sungai Brantas. Jangka panjang bisa mengakibatkan kerugian pada tubuh manusia yang juga turut mengkonsumsi hasil sungai, bisa menyebabkan kanker. 


Sedangkan ahli Lingkungan PJT I, Hermien Indraswari menambahkan, angka Ph (tingkat keasaman) sungai Brantas berada di angka 7,4 hingga 7,8.

 
“Ini masih ideal karena masih diantara 6 dan 8. Jika di bawah 6 jadinya asam, diatas 8 jadinya basah. Ini masih batas toleransi Ph. Rata-ratanya Sungai Brantas adalah 7,5, ” jelasnya.


Parameter termudah untuk menentukan air kali tercemar atau memang dapat dilihat dari level Ph nya. Hanya saja, bagi PJT I ini hanya menjadi


BERITA TERKAIT