SAN 2 Kota Malang Siap Sekolah Tatap Muka. Begini Konsepnya | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

SAN 2 Kota Malang Siap Sekolah Tatap Muka. Begini Konsepnya

SAN 2 Kota Malang Siap Sekolah Tatap Muka. Begini Konsepnya SMAN 2 Kota Malang telah bersiap melakukan simulasi sekolah tatap muka dengan persiapkan protokol kesehatan.(ipunk)

Klikapa.com -Jelang simulasi sekolah tatap muka di masa pandemi Covid-19, SMAN 2 Malang mengaku telah siap 100 persen. Kesiapan tersebut mulai dari pembentukan Satgas Covid-19, sarana pendukung protokol kesehatan.

Kepala SMAN 2 Malang Drs. Hariyanto, mengaku sekolahnya telah siap 100 persen melakukan simulasi sekolah tatap muka dengan murid. Bahkan beberapa prosedur mutu protokol kesehatan bagi guru, tenaga kependidikan dan peserta didik juga telah disusun.

Persiapan itu mulai dari gerbang masuk sekolah, lingkungan sekolah, kelas, laboratorium, perpustakaan, ruang isolasi dan lain sebagainya. SEmua itu untuk menjamin terlaksananya Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Serta membuat desain alternatif KBM secara offline atau tatap muka.

"Desain alternatif dibagi menjadi lima. Pertama 25 persen setiap tingkat bergantian masuk atau 50 persen dari peminatan MIPA atau 50 persen dari peminatan IPS dan Bahasa sehingga frekuensi yang berinteraksi setiap harinya 85 peserta didik dengan asumsi setiap tingkat ada 340 siswa," ujar Hariyanto, Kamis (13/8/2020).

Skenario pertama yakni dengan siswa yang masuk hanya 25 persen dari total siswa di satu tingkat, maka desain alternatif berikutnya dibuat 50 persen tiap tingkat. Jadi tahap kedua dengan asumsi per tingkat total 340 siswa maka yang masuk hanya 50 persen atau 170 peserta didik secara bergantian. 

Sementara desain alternatif pembelajaran pada tahap pertama 25 persen maka siswa masuk dalam satu minggu hanya dua kali. Dengan pembagian hari yang telah disusun oleh SMAN 2 Malang sehingga frekuensi siswa di sekolah bisa diminimalisir dengan baik.

"KBM tatap muka dimulai pukul 07.00 sampai 11.30 dengan waktu per mata pelajaran sebanyak 35 menit dan lima menitnya untuk persiapan ganti mapel," tutupnya.

Simulasi belajar tatap muka di jenjang SMA tak hanya dilakukan di SMAN2 Malang melainkan juga di dua sekolah lainnya yakni SMK El Hayat Kota Malang dan SLB River Kids Kota Malang. Uji


BERITA TERKAIT