Disdik Kabupaten Malang Rancang BOS New Normal | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Disdik Kabupaten Malang Rancang BOS New Normal

  • 06-08-2020 penulis : Fino
  • dibaca :3282
Disdik Kabupaten Malang Rancang BOS New Normal Suasana siswa belajar di rumah (BDR) di Sengguruh, Kepanjen yang dilakukan para siswa SD.(fino)

Klikapa.com –Beradaptasi pada perubahan saat pandemi Covid-19, Dinas Kabupaten Malang merancang program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) menyatu dengan program belajar dari rumah (BDR) atau BOS new normal.


Program ini bahkan sudah pada tahab finalisasi. 


“Kini dalam proses finalisasi. Intinya pemanfaatan BOS sebaik-baiknya di era pandemi. Sebab, evaluasi BDR banyak dijumpai persoalan karena Covid-19,'' kata Kasubag Perencanaan Evaluasi dan Laporan Disdik Kabupaten Malang Cecep Lili, Kamis (6/8/2020).


Menurutnya, BOS reguler dari kementerian, saat ini sudah turun dua tahap. SD penerima BOS dapat Rp 800 ribu. Ini dihitung per siswa per tahun. Sementara untuk SMP Rp 1 juta.


Sedangkan BOS new normal ini disebutkan bisa juga diarahkan untuk meringankan beban orang tua siswa. Namun ia tidak merincikan bentuknya.

''Tapi, concern kami adalah kesehatan serta keselamatan warga sekolah,” katanya.

Konsep BOS new normal, hanya untuk SD dan SMP. Ini merujuk Permendikbud nomor 8 tahun 2020. Permen ini mengalami perubahan lewat Permendikbud 19 tahun 2020. Dalam perubahan peraturan menteri, ada tambahan petunjuk penggunaan BOS.


“Penyesuaian RKAS dengan kebutuhan sekolah juga harus dilakukan. Misalnya, persiapan kelayakan pembelajaran luring, tatap muka tapi berprotokol kesehatan. Atau bisa untuk alokasi operasional sekolah. Tergantung karakteristik sekolah. Juga, skala prioritas masing-masing,” ujar Cecep.(fin/adv/aim)
 


BERITA TERKAIT