Dewan Panggil Dinkes Kota Batu Terkait Ibu Hamil Tak Terlayani sampai Melahirkan di Kamar Mandi | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Dewan Panggil Dinkes Kota Batu Terkait Ibu Hamil Tak Terlayani sampai Melahirkan di Kamar Mandi

Dewan Panggil Dinkes Kota Batu Terkait Ibu Hamil Tak Terlayani sampai Melahirkan di Kamar Mandi Fitria Rohmatika (kiri) yang melahirkan di kamar mandi menjadi perhatian DPRD Kota Batu agar tidak terulang kembali.

Klikapa.com -Kasus ibu hamil yang tidak ditangani baik hingga melahirkan bayinya di kamar mandi disorot anggota dewan Kota Batu. Rencananya Komisi C, DPRD kota ini bakal memanggil Dinas Kesehatan Senin (10/8/2020). 

Ketua DPRD Kota Batu, Asmadi menyebut jika Komisi C segera melakukan hearing dengan Dinas Kesehatan Kota Batu ke kantor dewan. Ini untuk mendengar penjelasan bagaimana hal itu bisa terjadi.

“Terkait peristiwa tersebut, Komisi C sudah menjadwalkan hearing Senin depan. Pemanggilannya terkait adanya warga yang melahirkan di kamar mandi itu,” kata Asmadi, Selasa (4/8/2020). 

Bahkan pihaknya telah menghubungi Kepala Dinkes Kota Batu, drg Kartika Trisulandari dan meminta agar memperhatikan warga Sumbergondo sehingga tidak terjadi hal serupa dikemudian hari.

“Kami tidak akan mencari siapa yang salah. Tapi bagaimana membahas agar hal ini tidak terjadi lagi,” katanya.

Kasus ibu hamil dan melahirkan di kamar mandi rumahnya itu berawal saat yang bersangkutan dites rapid dan hasilnya reaktif. Namun setelah dites ulang, ibu muda bernama Fitria Rohmatika itu hasilnya non reaktif. 

Namun, hasil negatif itu tidak diberikan surat keterangan seperti halnya test rapid pertama. Alhasil, saat Fitria akan melahirkan anaknya, ditolak sejumlah bidan dan Puskesmas. Ini lantaran yang bersangkutan terindikasi Covid-19. 
 


BERITA TERKAIT