Tak Ada Jaringan Internet, SDN Gunungsari 04 Kota Batu Sekolah dengan Tatap Muka | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Tak Ada Jaringan Internet, SDN Gunungsari 04 Kota Batu Sekolah dengan Tatap Muka

Tak Ada Jaringan Internet, SDN Gunungsari 04 Kota Batu Sekolah dengan Tatap Muka Siswa-siswi SDN Gunungsari 04 belajar mengjar tanpa daring di sekolah tapi tetap menerapkan protokol kesehatan.(kerisdianto)

Klikapa.com -Hampir semua sekolah saat pandemi Covid-19, melakukan kegiatan sekolah daring. Namun itu tidak berlaku di SDN Gunungsari 04 Kota Batu. Tepatnya di Dusun Brau, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji.

Kegiatan belajar mengajar di sekolah ini tetap lewat tatap muka di sekolah. Meskipun dengan tetap menerapkan protokol kesehatan seperti ketentuan dari Dinas Kesehatan setempat.

Banyak faktor yang membuat sekolah itu tetap memberlakukan pelajaran tatap muka. Di antaranya jauh dari hiruk-pikuk pusat kota dan berada di daerah perbukitan. 

Karena kodinsi di wilayah perbukitan, secara tak langsung berdampak pada beberapa hal seperti tidak adanya sinyal telepon selulur termasuk jaringan internet. Sedangkan jumlah murid juga sedikit.

Apalagi mayoritas warga Dusun Brau bekerja di sekor pertanian dan peternakan. Sehingga seluruh waktu, mulai pagi hingga sore untuk merawat ternak dan ke ladang. 

Kepala SDN Gunungsari 04, Indarianto menyampaikan pembelajaran tatap muka digelar karena banyak faktor. Pertama karena permintaan komite, sedikitnya siswa, tidak sinyal internet dan kesibukan orang tua yang mayoritas petani. 

"Dalam pembelajaran dengan tatap muka, kami tetap menerapkan protokol kesehatan dan pembatasan murid hanya 30 persen dari total keseluruhan," kata Indarianto Senin (3/8/2020). 

Pembelajaran tatap  muka ini sudah berjalan sejak pekan lalu. Namun karena Dinas Pendidikan Kota Batu khawatir, sempat dihentikan. Namun, setelah dilakukan kajian oleh Dinas Pendidikan dan Satgas Covid-19 Kota Batu, pembelajaran kembali digelar. 

"Untuk proses pembelajaran di sekolah, anak-anak hanya mengambil tugas secara bergilir, terus pulang. Ini untuk menghindari persebaran Covid-19," terangnya.

Sebelum mengambil tugas di ruang kelas, guru pendamping memimpin siswa olahraga pagi. Karena belajar tatap muka, murid merasa senang. Pasalnya sudah hampir empat bulan mereka tak menjalankan aktifitas belajar di sekolah. 

Andin salah satunya. Ia merupakan siswa SDN 4 Gunungsari merasa senang mengikuti belajar tatap muka. Pasalnya seperti akses pembelajaran daring tak ia miliki. 

"Rasanya senang bisa sekokah lagi karena


BERITA TERKAIT