Jelang Hari Raya Idul Adha, Disperta Batu Periksa Penjualan Hewan Kurban. Ini Hasilnya | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Jelang Hari Raya Idul Adha, Disperta Batu Periksa Penjualan Hewan Kurban. Ini Hasilnya

Jelang Hari Raya Idul Adha, Disperta Batu Periksa Penjualan Hewan Kurban. Ini Hasilnya Dinas Pertanian Kota Batu melakukan pemeriksaan ribuan hewan kurban musiman menjelang Idul Adha 1441 H, Selasa (28/7).

Klikapa.com - Menjelang Hari Raya Iduladha, Jumat (31/7), Dinas Pertanian dan Dinas Kesehatan Kota Batu melakukan pemeriksaan ketat terhadap hewan kurban yang dijual musiman. Pemeriksaan itu di lakukan di 30 titik di wilayah tiga Kecamatan di Kota Apel ini.

Kepala Dinas Pertanian Kota Batu Sugeng Pramono menyebutkan, pemeriksaan itu untuk memastikan hewan kurban yang dijual pedagang dalam kondisi sehat. Sehingga memenuhi persyaratan untuk menjadi hewan kurban. 

"Ada 30 titik hewan kurban milik pedagang yang dilakukan pemeriksaan dua hari ini. Hasilnya, semua hewan yang telah diperiksa dan sehat, diberi stiker dari Dispertan. Ini sebagai tanda bahwa hewan sehat dan layak dijual," ujar Sugeng, Selasa (28/7/2020).

Ia menerangkan, Dinas Pertanian bertugas melakukan cek kesehatan hewan. Mulai dari umur hewan sudah sesuai untuk kurban, pemeriksaan gigi, memeriksa mata dan hidung tidak keluar lendir serta tidak kurus. 

Sugeng menyebutkan, dalam pemeriksaan itu ditemukan beberapa hewan yang sedang sakit ringan seperti selaput mata. Namun hal itu tidak masalah karena bukan suatu yang vital.

"Total hewan yang kami cek kesehatannya ada 800 ekor sapi, 3000 ekor kambing dan 2100 ekor domba. Mayoritas sehat. Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir ketika akan membeli hewan kurban," terangnya. 

Tak hanya memastikan kesehatan hewan kurban, pihaknya juga menyemprotkan cairan desinfektan dan meminta pedagang untuk tetap menjalankan protokol kesehatan. Yakni tempat cuci tangan, penggunaan masker dan jaga jarak selama ada transaksi penjualan hewan kurban.

Hal itu ditambahkan Kepala Dinas Kesehatan Kota Batu, Drg.  Kartika Trisulandari yang melakukan pemeriksaan pada protokol pedagang. Ini agar para pedagang menerapkan protokol kesehatan. 

"Dari Dinkes untuk melihat apakah pedagang dan pembeli menggunakan masker. Kemudian di tempat jualan menyediakan tempat cuci tangan hingga menerapkan jaga jarak ketika ada pembeli," bebernya.

Hasil pantauan, pedagang telah menerapkan protokol kesehatan dengan baik. Namun tak berhenti begitu saja, Dinkes juga


BERITA TERKAIT