Operasi Patuh, Pelanggaran Tertinggi Tak Miliki SIM | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Operasi Patuh, Pelanggaran Tertinggi Tak Miliki SIM

  • 27-07-2020 penulis : noval
  • dibaca :801
Operasi Patuh, Pelanggaran Tertinggi Tak Miliki SIM Petugas Satlantas Polresta Malang Kota melakukan pemeriksaan kendaraan dalam Operasi Patuh Semeru 2020 di di lahan gedung eks PDAM Kota Malang.

Klikapa.com – Lima hari gelar Operasi Patuh Semeru 2020, Satlantas Polresta Malang Kota mencatat telah menindak lebih dari 700 pelanggaran dengan memberikan sanksi tilang.


"Sudah 700 lebih surat tilang telah kami berikan kepada para pelanggar lalu lintas. Itu semua hasil keseluruhan yang dilakukan, baik Polresta dan juga Polsekta," kata Kasatlantas Polresta Makota AKP Ramadhan Nasution, Senin (27/7/2020).


Kegiatan yang digelar hari ini mulai pukul 08.30 hingga 10.00 di lahan gedung eks PDAM Kota Malang. Tepatnya di pertigaan Jalan Ahmad Yani - Jalan LA Sucipto. 


Sekitar 400 kendaraan roda dua dan empat terjaring razia pemeriksaan surat-suratnya. Sasaran utama oprasi ini adalah kendaraan yang berpotensi menyebabkan laka lantas.


 "Kami kenakan tilang, jika terbukti melakukan pelanggaran," jelasnya.

Dijelaskan, operasi yang dilakukan 1,5 jam diketahui pelanggaran lalu lintas paling banyak oleh pengendara roda dua.


"Ada 167 pengendara bermotor kami tilang. Kebanyakan roda dua. Jenis pelanggaran yang mendominasi ya tidak memiliki SIM. Ada juga pelanggaran yang lain, seperti melanggar marka dan rambu lalu lintas," jelasnya. 

Rata-rata dalam sehari terdapat 200 penindakan. Lebih dari setengahnya didominasi pengendara roda dua.  

Diakui Ramadhan, pengendara roda dua pun roda empat yang terjaring tidak memiliki SIM sangatlah banyak. Sampai 70 persen. Padahal, usia pelanggar sudah cukup untuk membuat SIM. 

"Saya heran, alasan dari pelanggar itu kok lucu-lucu. Ada yang beralasan kalau sudah lulus ujian SIM, tapi belum jadi sampai sekarang. Padahal pembuatan SIM hanya satu hari selesai," terangnya.(fal/aim)
 


BERITA TERKAIT