PHRI Kota Batu Minta Ada Pembebasa Pajak sampai Akhir Tahun | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

PHRI Kota Batu Minta Ada Pembebasa Pajak sampai Akhir Tahun

PHRI Kota Batu Minta Ada Pembebasa Pajak sampai Akhir Tahun Usaha Pariwisata Hotel dan tempat bisata mulai bergerak, PHRI minta Pemerintah daerah bebaskan pajak sampai akhir tahun.

Klikapa.com -Sejumlah tempat wisata dan hotel  mulai dibuka kembali, tapi Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Batu meminta agar pemerintah setempat untuk menunda penerapan pajaknya sampai akhir tahun.

"PHRI meminta pemerintah untuk bisa membebaskan pajak sampai akhir tahun ini. Bukan masalah apa, namun ketika pajak dibebaskan, harapannya karyawan bisa kembali bekerja sepenuhnya," Ketua PHRI Kota Batu, Sujud Hariadi, Minggu (26/7/2020).

Sujud merasa bersyukur pemerintah sudah memperbolehkan tempat wisata dan hotel diizinkan kembali operasional. Kondisi ini juga membuat roda perekonomian di sektor ini mulai begerak.

"Sekarang ini mulai banyak wisatawan yang datang. Meski tingkat okupansi hotel rata-rata masih di bawah 20 persen," terangnya.

Belum normalnya tingkat hunian dan kunjungan wisata itulah yang menjadi alasan utama meminta pajak PP-10 untuk ditunda sampai akhir tahun.

Pertimbangan lain adalah karyawan. Jika selama masa pandemi ini banyak karyawan yang telah di rumahkan, kini mulai bekerja.

''Jadi kami umumnya mempertimbangkan karyawan lebih dulu agar segera bekerja normal. Itu sebabnya mengapa kami meminta pembebasan pajak sampai akhir tahun,'' jelasnya.

Sementara itu Kepala BKD Kota Batu, M. Chori kini makin fokus membuat kebijakan agar dunia usaha di Kota Batu kembali pulih, belum berani bersikap untuk tanggapi permintaan PHRI.

"Kalau pajak hotel, kami tidak bisa ambil kebijakan dulu. Tapi pajak hotel akan diberikan keringanan. Caranya pihak hotel harus melaporkan tiap bulan hasil pajak ke Pemkot Batu," beber mantan kepala Bappeda Kota Batu ini. 
 


BERITA TERKAIT