Selecta Buka, Tempat Wisata Kota Batu Kembali Menggeliat | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Selecta Buka, Tempat Wisata Kota Batu Kembali Menggeliat

Selecta Buka, Tempat Wisata Kota Batu Kembali Menggeliat Salah satu wahana wisata di Selecta yang hari ini mulai dibuka untuk umum.(kerisdianto)

Klikapa.com -Pelaku industri wisata di Kota Batu makin bergairah. Jumlah objek wisata yang beroperasi  makin bertambah. Menyusul kembali dibukan setelah tutup saat masa pandemi Covid-19. Wisatawan pun mulai berdatangan. 

Menurut Kepala Dinas Pariwisata (Disparta) Kota Batu, Arif As Siddiq, sampai saat ini sekitar 90-an destinasi wisata, hotel, villa, home stay dan resto mulai beroperasi. Dari total sekitar 142 tempat hiburan.

Terbaru Taman Rekreasi (TR) Selecta mulai beroperasi, Jumat (24/7/2020). Sebelumnya tempat wisata yang telah beroperasi yakni, JTP 2, JTP 3,  Eco Green Park, Kaliwatu Rafting, Coban Talun, Wisata Paralayang, Batu Flower Garden (BFG) hingga Museum Angkut. 

"Kami sudah lakukan edukasi dan survei bagi tempat wisata, hotel, dan resto. Mudah-mudahan di bulan ini atau paling lambat bulan depan sudah selesai semua dan keluar rekomendasinya untuk beroperasi kembali," bebernya.

Kembali dibukanya tempat wisata, hotel, dan resto diharap Arif mampu membangunkan perekonomian yang tengah tertidur empat bulan terakhir.

Data Disparta setempat, jumlah kunjungan wisatawan hingga awal Maret lalu 962.341 orang. Padahal target kunjungan wisatawan sepanjang tahun ini 7,2 juta orang. Namun Covid-19 keburu mewabah. 

Sehingga Disparta secara realistis tahun ini menarget sekitar 3-4 juta wisatawan berkunjung ke Kota Batu. Target tersebut menurun 50 persen akibat pandemi Covid-19.

Sementara Dinas Penanaman Modal dan Tenaga Kerja di kota ini mencatat selama masa pandemi Covid-19, ada 3.089 pegawai yang dirumahkan. 78 orang di antaranya di PHK, ratusan produksi UMKM juga berhenti.

Dampak itu, Bappeda Kota Batu memprediksi PAD Kota Batu tahun 2020 anjlok 40 persen atau Rp 80,8 miliar dari target Rp 207 miliar. 

Dengan dibuka kembali tempat wisata itu, Pemkot Batu terus mengimbau agar pelaku usaha tak terlena. Dalam artian agar pelaku usaha selalu disiplin dalam penerapan protokol kesehatan.

"Disparta juga akan intens melakukan monitoring pengawasan secara langsung dan berkala  ke tempat-tempat usaha yang


BERITA TERKAIT