Disparta Kota Batu Izinkan Pekerja Seni Gelar Pertunjukan | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Disparta Kota Batu Izinkan Pekerja Seni Gelar Pertunjukan

Disparta Kota Batu Izinkan Pekerja Seni Gelar Pertunjukan Kegiatan berkesenian di Kota Batu sempat mandek akibat pandemi Covid-19 bakal kembali digelar.

Klikapa.com -Kabar baik bagi pelaku seni di Kota Batu setelah empat bulan harus berpuasa akibat pandemi Covid-19. Dinas Pariwisata setempat bakal kembali memperbolehkan para pelaku seni kembali untuk melakukan atraksi atau berkesenian pada bulan Agustus, mendatang.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu pun telah menggelar simulasi pertunjukan kesenian di Panggung sendratari di Kelurahan Sisir pekan lalu. Dalam simulasi itu menampilkan Kesenian Reog dari Sanggar Satwika Tungga Wisti, Desa Sumberejo, Kecamatan Batu, Kota Batu.

Selain itu, juga ada penampilan dari komunitas musisi bakti kotaku dari band Majesti dan 90 Persen.  Tentunya, dalam setiap atraksi atau penampilan pertunjukan  menerapkan protokol kesehatan.

"Setelah digelar simulasi penampilan kesenian pekan lalu (18/9) di Sendra Tari Sisir, para pelaku seni sudah diperbolehkan untuk tampil dengan beberapa syarat menerapkan protokol kesehatan meliputi penggunaan masker, face shield dan physical distancing," ujar  Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu Arief As Siddiq, Kamis (23/7/2020).

Tak hanya itu, Dinas Pariwisata juga bakal menjadi fasilitator bagi para pelaku seni untuk berkegiatan di tengah pandemi Covid-19. Untuk regulasinya, Disparta akan menetapkan setiap kali ada aktivitas kesenian.

"Artinya, nanti setiap akan ada kegiatan pelaku seni harus melalui kami. Terutama kegiatan yang berskala besar, baik bagi pelaku seni dan juga penonton," bebernya.

Dari hasil simulasi kesenian yang digelar Disparta, pihaknya berencana akan menggelar pertemuan kepada seluruh seniman di Kota Batu. Tujuannya untuk menunjukkan hasil simulasi yang akan dilakukan kepada seluruh pelaku seni.

Sementara itu, salah satu seniman di Kota Batu, Sujopo Sumarah Purbo menyambut baik dengan kembalinya digelar pertunjukan kesenian di Kota Batu. Pasalnya sudah empat bulan ini ia tak menggelar pentas sama sekali. 

"Tak hanya pentas setiap minggunya di Eco Green Park yang berhenti total. Bahkan persewaan aksesoris untuk berkesenian juga nganggur karena tak ada yang sewa," beber penari 1000 topeng ini.

Karena itu ia


BERITA TERKAIT