Dinsos Kota Batu Latih Warga Melakukan Pemulasaran Jenazah Covid-19 | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Dinsos Kota Batu Latih Warga Melakukan Pemulasaran Jenazah Covid-19

Dinsos Kota Batu Latih Warga Melakukan Pemulasaran Jenazah Covid-19 Latihan Pemulasaran Jenazah Covid-19 oleh Dinas Sosial Kota Batu.

Klikapa.com -Dinas Sosial Kota Batu mengedukasi warga dalam pemulasaran jenazah Covid-19. Ada dua tim yang diedukasi, setiap timnya tediri dari delapan orang.

"Setelah Dinas Sosial menyalurkan Jaring Pengaman Sosial (JPS) bagi 22.939 KK terdampak Covid-19, kali ini kami mengkoordinir petugas pemulasaran jenazah terindikasi Covid-19," ujar Sekretaris Dinas Sosial Kota Batu, Sri Yunani, Kamis (23/7/2020).

Disebutkan, pemberian materi pemulasaran di Balai Kota Among Tani Batu, diikuti oleh dua tim. Setiap tim pemulasaran jenazah Covid-19 diisi oleh delapan orang. 

Setiap tim terdiri dari satu orang modin, tiga orang bertugas sebagai penggali kubur dan empat orang yang mengangkut keranda.

“Sebenarnya untuk kasus menular penanganannya ada di Dinas Kesehatan. Tapi karena tugas ini sesuai keputusan wali kota, maka Dinsos yang menaungi giat dengan pemateri dari Dinkes,” bebernya.

Pelatihan ini digelar bertujuan agar ada peningkatan SDM dan edukasi bagi tim pemulasaran. Mengingat selama ini banyak yang masih takut melakukan pemulasaran jenazah Covid-19.

Teknisnya, ditambahkan oleh Kepala Seksi Kepahlawanan, Didik Mei bahwa untuk SDM yang direkrut berasal dari relawan, PMI, dan dari Kemenag Batu. Sementara ini 16 orang tersebut mengikuti materi berupa pengenalan alat pelindung diri selama bertugas pemulasaran jenasah.

"Dari dua tim di tingkat kota ini nanti akan bekerja secara bergantian. Tim utama dan tim kedua sebagai tim cadangan," imbuhnya.

Ke depan, pihaknya juga bakal membentuk tim tingkat kecamatan dan desa yang saat ini masih digodok SOP-nya.

Angka kematian akibat Covid-19 di Kota Batu per 23 Juli tercatat ada 22 orang. Dari jumlah itu 8 orang positif Covid-19 meninggal dan 14 orang berstatus PDP meninggal dunia. Sedangkan  pasien positif Covid-19 154 dan 145 PDP di Kota Batu. Pasien sembuh mencapai 125 orang.

Dari angka kematian tertinggi berstatus positif Covid-19 berasal dari Desa Pendem, Punten, dan Kelurahan Songgokerto dengan masing-masing desa/kelurahan mencatat dua meninggal dunia. (eri/jon)

BERITA LAINNYA:


BERITA TERKAIT