Horor, Angka Kematian Akibat Corona Tertinggi di Jatim | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Horor, Angka Kematian Akibat Corona Tertinggi di Jatim

  • 13-07-2020
  • Editor :junaedi
  • dibaca :1050
Horor, Angka Kematian Akibat Corona Tertinggi di Jatim ilustrasi(ist)

Klikapa.com -Angka kematian akibat virus corona (Covid-19) di Jawa Timur kian horor. Meningkat terus bahkan tertinggi secara nasional, melebihi provinsi-provinsi lainnya.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, per Senin (13/7/2020), angka kematian di Jatim tercatat 1.226 kasus. Jumlah itu sama dengan 33,53 persen dari total keseluruhan kematian nasional sebesar 3.656 kasus.

Angka itu bahkan lebih besar dari kematian akibat Covid-19 di DKI Jakarta yang tercatat ada 697 kasus, atau setara dengan 19,64 persen dari total keseluruhan kematian nasional.

Kemudian diikuti Jawa Tengah dengan 240 kematian atau 6,56 persen, dan Jawa Barat sebanyak 186 kematian atau sama dengan 5,87 persen dari total kematian nasional.

Ketua Rumpun Kuratif Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jawa Timur, dr Joni Wahyuhadi pernah mengatakan melonjaknya angka kematian pasien positif corona di Jatim terjadi lantaran virus tersebut sulit diprediksi.

Joni bahkan mengakui setiap hari ia harus bersedih lantaran dihadapkan dengan kenyataan pahit soal wafatnya pasien Covid-19. Menurutnya meninggalnya seseorang itu juga telah diatur oleh sang khalik.

Virus corona, kata Joni, merupakan barang baru yang unpredictable. Setiap pagi, ia yang juga memimpin RSUD dr Soetomo ini selalu berbicara kepada timnya dan para ahli perihal apa sebenarnya rahasia di balik Covid-19 ini.

"Perjalanan penyakit seorang menderita Covid-19 itu unpredictable... Banyak kawan-kawan yang para ahli itu bertanya-tanya sebetulnya apa rahasia di balik Covid-19 ini," ujarnya.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, mengatakan pemerintah kini berusaha keras untuk menekan angka kasus corona di Provinsi Jatim.

Ia pun sempat menyinggung wabah virus Flu Spanyol yang pernah mengguncang Indonesia atau yang seabad silam masih bernama Hindia Belanda. Saat itu, kata Muhadjir, Jatim merupakan daerah dengan jumlah kasus penularan terbanyak.

"Ternyata dulu 1918 waktu terjadi wabah Flu Spanyol, itu ternyata Jawa Timur memang angka tertularnya paling tinggi di Indonesia," kata


BERITA TERKAIT