Kebutuhan Pangan Kota Batu Aman sampai Agustus | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Kebutuhan Pangan Kota Batu Aman sampai Agustus

Kebutuhan Pangan Kota Batu Aman sampai Agustus ilustrasi.(ist)

Klikapa.com - Dinas Ketahanan Pangan Kota Batu pastikan kebutuhan pokok hingga bulan Agustus terpenuhi bagi masyarakat Kota Batu. Bahkan diperkirakan kebutuhan pangan di Kota Batu surplus. 

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Batu, Wiwik Nuryati mengatakan bahwa pihaknya memastikan kebutuhan pangan pokok hingga bulan Agustus 2020 aman. Ini didasari atas survei berkala untuk memenuhi kebutuhan sesuai data harian, mingguan, dan bulanan stok pangan. 

"Seluruh komoditi dipastikan aman hingga Agustus. Apalagi akibat pandemi Covid-19 daya beli masyarakat juga menurun," ujar Wiwik, Rabu (25/6/2020). 

Ia menerangkan, peninjauan stok pangan dilakukan di level distributor dan pedagang. Begitu juga harga, pihaknya menjamin relatif aman. 

"Untuk survei dilakukan TPID sebagai salah satu data yang dijadikan acuan. Pihaknya tiap minggu berkoordinasi dengan sembilan distributor yang ada di Kota Batu secara berkala," bebernya.

Untuk jumlah stok selama seminggu ini, Dinas Ketahanan Pangan Kota Batu mencatat untuk beras sebanyak 384,29 ton dengan kebutuhan 368 ton. Artinya kebutuhan beras surplus 16,29 ton dengan harga Rp 10.800 per Kg.

Kemudian daging ayam terdedia sebanyak 37,60 ton dengan kebutuhan warga 23,38 ton atau surplus 12,22 ton dengan harga Rp 26.100 per Kg. Untuk gula persediaan sebanyak 47,61 ton dengan kebutuhan mencapai 33,64 ton atau surplus 13,97 ton dengan harga Rp 13.600 per Kg.

Wiwik mengatakan, untuk komoditi yang didistribusikan dari luar Kota Batu diantaranya, beras, minyak, tepung terigu. Produksi beras di Kota Batu masih belum memadai hingga diambilkan dari luar daerah. 

"Khusus unguk harga gula sudah stabil. Memang semula ada kenaikan gula namun karena kendala distribusi di masa PSBB dan terjadi kelangkaan membuat harga naik," terangnya.


BERITA TERKAIT