Deteksi Dini Covid-19, Ibu Hamil di Kota Batu Wajib Rapid Test | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Deteksi Dini Covid-19, Ibu Hamil di Kota Batu Wajib Rapid Test

Deteksi Dini Covid-19, Ibu Hamil di Kota Batu Wajib Rapid Test ilustrasi.(ist)

Klikapa.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batu mewajibkan ibu hamil untuk mengikuti rapid test. Ini dilakukan lantara beberapa waktu lalu tepatnya, 17 Juni 2020 diketahui ada seorang  ibu hamil meninggal karena terpapar Covid-19, sesuai hasil test swab.

Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Kota Batu, Hayati menyebutkan wajib rapid test bagi ibu hamil itu sebagai tindakan preventif. Ibu hamil disebutkan salah satu kelompok rentan  terpapar Covid-19 selain lansia dan balita. 

"Kami mewajibkan ibu hamil untuk melakukan rapid test. Khusunya bagi ibu hamil dengan kandungan memasuki usia 37-38 minggu masa kehamilan," katanya, Kamis (26/6/2020). 

Rapid test ini lanjutnya, diberikan secara gratis.

Hayati menjelaskan wajib rapit test untuk ibu hamil itu juga sudah disosialisasikan  sejak bulan Mei. Sosialisasi itu dilakukan di Puskesmas, rumah sakit, dan bidan praktik di Kota Batu. 

Sejauh ini katanya belum diketahui hasil test yang telah dilakukan sebelumnya. Yang pasti, disebutkan, pihaknya sedikit bersyukur karena saat WFH di kota ini tidak terjadi kenaikan angka kehamilan ibu.

“Di masa pandemi yang mengharuskan WFH Kota Batu beruntung tidak terjadi baby booming,” imbuhnya. 

Hal itu mengacu pada angka kehamilan sejak masa pandemi pada bulan Maret yang mencapai 260 orang. Kemudian bulan April meningkat 283 orang dan kembali menurun pada bulan Mei dengan jumlah ibu hamil di angka 260 orang. (eri)


BERITA TERKAIT